Ludahi Lawan Saat Pandemi Covid-19, Thuram Dapat Sanksi Berlapis

Marcus Thuram - Instagram @thuram17
23 Desember 2020 23:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Ungkapan itu agaknya pas diberikan pada striker Borussia Monchengladbach, Marcus Thuram. Putra legenda Timnas Prancis, Lilian Thuram, ini harus dililit banyak sanksi usai meludahi wajah pemain Hoffenheim, Stefan Posch, pada laga Bundesliga akhir pekan lalu. Aksi kurang terpuji itu bermula saat keduanya terlibat konfrontasi pada menit ke-77.

Wasit sempat tak mengetahui insiden tersebut. Sang pengadil baru memberi kartu merah pada Thuram usai melihat Video Assistant Referee (VAR). Dilansir Daily Mail, Selasa (22/12/2020), Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah menjatuhkan sanksi berlipat berupa larangan tampil sebanyak enam pertandingan dan denda 37.000 poundsterling (Rp703 juta).

Kejadian ini membuat Thuram mendapat kritik tajam publik sepak bola Jerman. Di tengah pandemi Covid-19, aksi meludah termasuk pelanggaran berat karena berpotensi menularkan virus. Sebelumnya, pihak klub sudah lebih dulu memberikan sanksi pada Thuram. Penyerang 23 tahun itu tidak akan mendapatkan gaji selama satu bulan. Gaji Thuram bakal didonasikan untuk kegiatan amal.

Thuram sendiri telah meminta maaf atas sikap tidak simpatiknya itu. Melalui akun Instagram-nya, Thuram mengatakan tindakan meludahi pemain lawan tidak sesuai dengan karakternya. “Saya bereaksi terhadap lawan dengan cara yang salah. Seharusnya tidak boleh terjadi,” ujarnya. “Saya meminta maaf pada semua orang, pada Posch, lawan-lawan saya, rekan setim, keluarga saya, dan semua yang melihat reaksi saya. Tentu saja, saya menerima segala konsekuensi dari sikap saya.”

Musim ini Thuram belum secemerlang musim lalu karena baru mengemas dua gol dari 13 pertandingan di Bundesliga. Kontribusinya tertinggal jauh dari striker senior, Lars Stindl, yang telah mencetak delapan gol di kompetisi domestik.