Advertisement

Rekrut Pemain Blasteran, PSSI Dikritik karena Banyak Pemain Lokal Berkualitas

Newswire
Senin, 14 Desember 2020 - 06:37 WIB
Sunartono
Rekrut Pemain Blasteran, PSSI Dikritik karena Banyak Pemain Lokal Berkualitas Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, KEDIRI--Pelatih Persik Kediri yang juga eks penyerang Timnas Indonesia, Budi Sudarsono, menanggapi soal hadirnya beberapa nama pemain keturunan di skuat Timnas Indonesia U-19 saat ini. Budi tidak menyayangkan, namun alangkah baiknya potensi pemain-pemain lokal lebih dimaksimalkan.

Memang beberapa kali training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 'disambangi' pemain-pemain keturunan. Sebut saja Elkan Baggott serta dua bersaudara Kelana dan Luah Mahessa.

Bahkan, pemain berdarah Indonesia-Inggris, Jack Brown masih bertahan mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta, yang sudah bergulir sejak 13 November lalu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA : Pandemi Covid-19 di DIY Tak Menentu, Timnas U-16 

Kemungkinan besar pemain-pemain keturunan yang dijajal oleh pelatih kepala Timnas U-19, Shin Tae-yong pun bakal bertambah.

Pasalnya, PSSI membuka peluang beberapa pemain blasteran untuk dites saat Timnas Indonesia U-19 melakoni TC lanjutan di luar negeri dalam waktu dekat, yang diyakini di Spanyol.

"Kalau faktor pemain keturunan itu ya kita sebenarnya membina. Akan tetapi, potensi pemain-pemain lokal kita sebenarnya bagus," kata Budi Sudarsono saat ditemui awak media.

"Banyak lokal yang bagus-bagus, sekarang cara kita untuk membinanya saja itu bagaimana."

"Kalau untuk setuju atau tidak setuju [banyak pemain keturunan di timnas], itu terserah federasi [PSS]. Tapi kalau menurut saya, sekali lagi, yang lokal itu sebenarnya banyak yang bagus. Tinggal bagaimana cara kita membinanya saja," pungkas pelatih 41 tahun yang dulunya dijuluki Si Ular Piton saat masih aktif bermain itu.

Advertisement

BACA JUGA : Bima Sakti: Pertahanan dan Serangan Timnas U-16 Banyak

Timnas Indonesia U-19 sendiri memang terus digembleng sebelum turun di Piala Asia U-19 Uzbekistan yang dijadwalkan bergulir Maret 2021.

Selain itu, pasukan Garuda Nusantara juga diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia jadi tuan rumah.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Herry IP dan Kevin Sanjaya Sepakat Berdamai, Sektor Ganda Putra Kembali Solid

Olahraga
| Jum'at, 30 September 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement