Jejak Buram Sang Wasit Rasis

Sebastian Coltescu - en24news.com
10 Desember 2020 15:37 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Nama Sebastian Coltescu mendadak populer saat masuk menjadi tim pengadil pada laga Paris Saint-Germain (PSG) menjamu Istanbul Basaksehir di Parc des Princes, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. Sayang perbincangan tentang sang wasit bukan karena ketegasan saat memimpin, melainkan kontroversi yang dia ciptakan di laga pekan terahir fase Grup H Liga Champions.

Coltescu yang berstatus wasit keempat terlibat polemik dengan striker Istanbul, Demba Ba. Wasit asal Rumania itu dianggap mengeluarkan kalimat rasial saat meminta wasit utama Ovidiu Hategan memberi kartu merah pada Asisten Pelatih Istanbul asal Kamerun, Pierre Webo. Tak ayal para pemain Istanbul bereaksi keras. Ba bahkan terlibat konfrontasi langsung dengan Coltescu di pinggir lapangan. Pertandingan pun harus terhenti di menit ke-14 setelah kedua tim memilih walk out. Saat itu skor masih kacamata 0-0.

Usut punya usut, bukan kali ini saja Coltescu berlaku buruk di lapangan. AS melansir dia punya jejak hitam selama berkarier sebagai wasit, termasuk di kompetisi bola Rumania. Coltescu merupakan wasit di divisi teratas Liga Rumania. Namun pada 2007 FIFA dia menurunkannya menjadi wasit di liga kedua. Setahun kemudian dia kembali naik level di liga teratas. Kinerja Coltescu pernah mendapat sorotan mantan wasit Rumania yang juga Direktur FC Vaslui, Adrian Porumboiu. “Seluruh kariernya dipenuhi momen-momen kelam. Dia mungkin punya bakat, tapi dia mungkin harus memilih profesi lain, musik atau menari. Saat menjadi wasit, Anda tidak boleh memihak,” cetusnya

Coltescu dinilainya kerap berat sebelah sehingga tak jarang memengaruhi hasil laga. Pada 23 November lalu, Coltescu juga memantik polemik saat memimpin laga Gaz Metan melawan Steaua Bucharest. Keputusannya memberi penalti untuk Steaua menuai kontroversi. Pemain Gaz Metan, Ronaldo Deaconu menilai poin timnya telah dicuri larena penalti itu membuat timnya mengubah kedudukan kalah 2-3.

UEFA sendiri memutuskan mengganti Coltescu dengan wasit asal Belanda, Danny Makkelie, dalam laga lanjutan yang digelar Kamis (10/12/2020) dini hari WIB. Pertandingan tersebut berakhir 5-1 untuk PSG dengan Neymar mencetak hattrick dan Kylian Mbappe membuat dua gol. Tak cuma itu, UEFA berencana melakukan investigasi terkait dugaan kalimat rasial yang dilontarkan Coltescu. “Investigasi menyeluruh atas insiden yang terjadi akan segera dibuka,” tegas UEFA.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia