Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Tanpa Grup Neraka

Trofi Piala Dunia - Instagram @fifaworldcup
09 Desember 2020 23:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, ZURICH—Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2022 zona Eropa diprediksi tak akan memunculkan banyak kejutan. Hal itu menyusul nihilnya grup neraka yang muncul seusai pengundian pembagian grup Kualifikasi PD di markas FIFA, Zurich, Selasa (8/12/2020) dini hari WIB. Dari hasil undian, hanya dua grup yang berpotensi menyulitkan tim unggulan untuk lolos ke putaran final.

Grup tersebut adalah Grup A dan G yang ditempati Portugal dan Belanda. Portugal menjadi unggulan di Grup A. Namun Cristiano Ronaldo dkk. bakal mendapat perlawanan sengit dari Serbia dan Irlandia. Dua tim lain yang menghuni grup ini adalah Luksemburg dan Azerbaijan. Mereka diperkirakan hanya jadi pelengkap di grup.

Pembagian grup yang tidak mudah juga dialami Belanda. Tim Oranye berada satu grup dengan Turki, Norwegia, Montenegro, Latvia dan Gibraltar. Turki, Norwegia, dan Montenegro diyakini jadi tim yang memiliki kapasitas untuk menyulitkan Belanda. Di luar itu, tim-tim kuat seperti Spanyol, Italia, Jerman, hingga juara bertahan Prancis mendapatkan grup mudah dan diperkirakan bisa melenggang mulus ke Piala Dunia 2022.

Zona Eropa akan mengirimkan 13 wakilnya ke Piala Dunia 2022. Sepuluh juara grup akan otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar. Adapun tiga tiket tersisa diambil via play-off. Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dimulai Maret hingga pertengahan November 2021.

Hasil Pembagian Grup Piala Dunia 2022

Grup A: Portugal, Serbia, Republik Irlandia, Luksembourg, Azerbaijan

Grup B: Spanyol, Swedia, Yunani, Georgia, Kosovo

Grup C: Italia, Swiss, Irlandia Utara, Bulgaria, Lithuania

Grup D: Prancis, Ukraina, Finlandia, Bosnia and Herzegovina, Kazakhstan

Grup E: Belgia, Wales, Republik Ceko, Belarusia, Estonia

Grup F: Denmark, Austria, Skotlandia, Israel, Kepulauan Faroe, Moldova

Grup G: Belanda, Turki, Norwegia, Montenegro, Latvia, Gibraltar

Grup H: Kroasia, Slovakia, Rusia, Slovenia, Siprus, Malta

Grup I: Inggris, Polandia, Hungaria, Albania, Andorra, San Marino

Grup J: Jerman, Rumania, Islandia, Makedonia Utara, Armenia, Liechtenstein

Sumber: uefa.com (cha)

Sumber : JIBI/Solopos