Derby County Pecat Eks Pelatih PSV Phillip Cocu

Phillip Cocu - Reuters/Antonio Bronic
16 November 2020 01:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Derby County memecat pelatih asal Belanda Phillip Cocu setelah klub tersebut berada di posisi terbawah Championship, kompetisi level kedua di Inggris.

The Rams hanya memenangi satu dari 11 pertandingan liga mereka musim ini, yang terakhir adalah kekalahan kandang dari Barnsley.

Kapten Wayne Rooney dan pelatih Shay Given, Liam Rosenior, dan Justin Walker akan mengawasi latihan tim utama sebelum pengganti permanen ditunjuk.

Mantan gelandang Barcelona, PSV Eindhoven, dan Timnas Belanda, Cocu, 50 tahun, memenangkan 21 dari 65 pertandingannya setelah memimpin pada Juli 2019.

Asistennya Chris van der Weerden dan Twan Scheepers juga meninggalkan Pride Park dengan kesepakatan bersama.

"Saya minta maaf, Phillip dan stafnya telah meninggalkan klub dan ingin berterima kasih padanya secara pribadi atas semua bantuan dan dorongannya sebagai bagian dari staf pelatihnya," kata Rooney, 35 tahun, mantan kapten Manchester United, Everton, dan Timnas Inggris.

"Hal terpenting sekarang adalah menstabilkan klub dan mulai naik klasemen. Saya telah diminta menjadi bagian dari staf pelatih untuk membantu persiapan tim untuk pertandingan vital Sabtu depan melawan Bristol City. Para pelatih dan saya akan berbicara. dengan para pemain pada Senin."

Cocu mengisolasi diri hingga Jumat setelah melakukan kontak dekat dengan kepala eksekutif Derby Stephen Pearce, yang dites positif Covid-19 pada 5 November. Dia melewatkan kekalahan mereka dari Barnsley pada 7 November saat Van der Weerden mengambil alih.

The Rams juga mendekati peralihan kepemilikan setelah ketua klub Mel Morris menyetujui kesepakatan prinsip dengan konsorsium Derventio Holdings (UK) Limited yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Perusahaan tersebut dipimpin oleh Sheikh Khaled bin Saquer Zayed Al Nayhan, sepupu pemilik Manchester City Sheikh Mansour, dan pelatih baru tidak akan ditunjuk sampai pengambilalihan tersebut selesai.

Kesepakatan itu dikeahui bernilai 60 juta pound sterling, tetapi English Football League (EFL) belum mengonfirmasi perubahan kepemilikan.

Cocu menggantikan Frank Lampard, yang pergi untuk bergabung dengan Chelsea, dengan kontrak 4 tahun di Pride Park. Sebelum menukangi Derby County, Cocu menangani PSV Eindhoven, tempat dahulu bermain, dan Fenerbahce.

Dia membawa PSV tiga kali juara Eredivisie, kompetisi teratas di Belanda, satu kali juara KNVB Beker (Piala Belanda), serta dua kali memenangi trofi Johan Cruijff Schaal (Piala Super Belanda).

Rooney menjadi pemain-pelatih Derby County sejak Januari 2020, tetapi Cocu tidak dapat membimbing Rams ke play-off Championship musim lalu saat mereka finis di urutan ke-10 musim 2019–2020.

Satu-satunya kemenangan liga mereka sejauh musim ini terjadi di Norwich City, berkat tendangan bebas Rooney di ujung pertandingan. Mereka tanpa kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir.

"Klub ingin mencatatkan penghargaannya atas cara Phillip dan stafnya bersikap dalam situasi yang sangat menantang selama masa jabatannya," demikian pernyataan klub.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia