Fakta-Fakta Menarik Jelang Laga Portugal vs Prancis

Kylian Mbappe - Reuters
14 November 2020 19:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Portugal akan menghadapi Prancis di ajang UEFA Nations League pada Minggu (15/11/2020) dini hari November 2020, pukul 02.45 WIB. Duel yang mempertemukan juara Euro 2016 melawan pemenang Piala Dunia 2018 ini akan berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon.

Kabar terbaru, timnas Prancis berpotensi tanpa penyerang bintangnya, Kylian Mbappe, saat melawat ke Portugal. Pelatih Didier Deschamps menyatakan Mbappe masih harus menjalani tes kebugaran setelah absen dari laga persahabatan melawan Finlandia karena cedera paha pada Rabu, 11 November.

"Ia mengikuti sesi latihan pertama malam ini sendirian dan mungkin kami akan meninjau kondisinya besok pagi," kata Deschamps, Sabtu (14/11/2020) WIB.

Penyerang timnas Prancis, Wissam Ben Yedder juga tak bisa dimainkan. Setealah dinyatakan positif Covid-19, dia terpaksa bakal absen dari skuad Les Bleus dalam dua pertandingan terakhir UEFA Nations League. Selain absen melawan Portugal, Ben Yerder tak akan tampil saat Prancis menjamu Swedia pada 17 November nanti.

Sementara, penyerang bintang Portugal, Cristiano Ronaldo akan tampil. Pada laga sebelumnya, pemain Juventus ini menyumbang satu gol ketika Portugal mengalahkan Andorra 7-0 dalam laga persahabatan pada Kamis lalu.

Berikut Empat fakta menjelang pertandingan Portugal vs Prancis:

Portugal saat ini menempati puncak klasemen Grup A3 dengan unggul selisih gol +8 dibandingkan Prancis +4. Keduanya sama-sama mengemas 10 poin dari tiga kemenangan dan satu imbang. Portugal tidak terkalahkan dalam enam pertandingan kompetitif yang dilakoninya (W5 D1). Kedua pertandingan terakhir mereka di stadion Estadio da Luz berakhir seri.

Prancis kalah 2-0 di kandang dari Finlandia dalam pertandingan persahabatan pada hari Rabu lalu. Namun mempunyai catatan rekor tak terkalahkan dalam 12 pertandingan kompetitif (W10 D2). Mereka menang satu-satunya pertandingan sebelumnya di Estadio da Luz saat mengalahkan Inggris 2-1 di EUFA EURO 2004.

Pada pertemuan sebelumnya, pada Matchday 3, Prancis vs Portugal di Saint-Denis berakhir imbang 0-0. Prancis unggul dalam rekor pertemuan atas Portugal, yaitu tiga kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah, dalam lima pertemuan terakhir. Satu-satunya kekalahan itu menyakitkan karena Portugal unggul 1-0 setelah perpanjangan waktu di final UEFA EURO 2016 di Stade de France.

Termasuk pertandingan persahabatan, timnas Prancis telah memenangkan lima pertandingan tandang terakhir mereka melawan Portugal, yang dimulai dari kemenangan 4-2 pada 1947. Baru-baru ini mereka menang 1-0 di Esta dio Jose Alvalade Lisbon pada 2015, Mathieu Valbuena mencetak gol kemenangan itu.

Sumber : Bisnis Indonesia