Singkirkan Irlandia Utara, Slovakia Lolos ke Euro 2020

Slovakia lolos ke Euro 2020 - JIBI/Bisnis.com
13 November 2020 11:17 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Slovakia lolos ke Euro 2020, yang dihelat tahun depan akibat pandemi Covid-19, setelah mengatasi tuan rumah Irlandia Utara dengan skor tipis 2–1 dalam laga play-off jalur B pada Jumat (13/11/2020) dini hari WIB.

Tim tamu membuka skor lewat Juraj Kucka pada menit ke-17. Tuan rumah menyamakan skor akibat gol bunuh diri Milan Skriniar pada menit 88, sebelum gol Michal Duris pada menit 110 memastikan kemenangan tamu.

Hasil pertandingan di Stadion Windsor Park, Belfast, itu mengantarkan Slovakia tampil di putaran final Piala Eropa untuk kedua kalinya sepanjang sejarah setelah terpecah dari Cekoslowakia, yang menjadi njuara pada 1976 mengalahkan Jerman barat di final.

Sebagai negara baru bernama Slovakia, mereka berpartisipasi pada Piala Eropa 2016 di Prancis dan melaju sampai 16 besar.

Setelah menguasai permainan pada awal pertandingan, gawang Irlandia Utara justru kemasukan. Slovakia memecah kebuntuan saat Kucka memaksimalkan kesalahan George Saville dalam menyundul bola, sebelum melepaskan sepakan masuk ke gawang tuan rumah.

Kemasukan satu gol membuat Irlandia Utara tampil lebih agresif. Niall McGinn melepaskan umpan silang yang masih dapat ditepis kiper Marek Rodak ke atas gawangnya.

Sebanyak dua peluang kemudian dimiliki Irlandia Utara dari Josh Magennis dan Stuart Dallas. Namun, keduanya tidak mampu mengonversi menjadi gol balasan.

Upaya keras Irlandia Utara untuk menyamakan kedudukan baru terbayar menjelang waktu normal usai. Patrick McNair berlari di garis tepi lapangan, dan umpan tariknya justru secara tidak sengaja dimasukkan ke gawang sendiri oleh Skriniar.

Namun, kegembiraan tuan rumah sirna saat pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Pemain pengganti Slovakia Duris mencetak gol penentu kemenangan, saat operan Kucka terdefleksi ke punggung Jonny Evans, dan Duris mampu mencuri bola untuk melepaskan sepakan kaki kanan berbuah gol.

Sumber : Antara