Blunder Arsenal Lepas Kiper Emiliano Martinez

Penjaga gawang Aston Villa Emiliano Martinez - avfc.co.uk
12 November 2020 02:27 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Legenda Arsenal, Tony Adams, mengkritik keputusan Mikel Arteta melepas kiper Emiliano Martinez pada bursa transfer musim panas lalu.

Martinez tampil mengesankan untuk The Gunners pada musim lalu ketika menggantikan Bernd Leno yang cedera. Penjaga gawang Argentina itu berperan penting dalam kemenangan Arsenal di Piala FA.

Setelah Leno pulih dari cedera, Martinez kembali dipinggirkan. Mikel Arteta tidak memberikan jaminan menit bermain di tim utama kepada kiper 28 tahun itu seperti yang diinginkannya.

Martinez bergabung dengan Arsenal dari Independiente pada 2010 ketika usianya masih 18 tahun. Selama 10 tahun setelah itu, dia beberapa kali dipinjamkan ke beberapa klub.

Martinez kemudian memilih hengkang. Dia bergabung dengan Aston Villa dengan bayaran naik menjadi 20 juta pound sterling. Dia tercatat telah tampil dalam tujuh pertandingan untuk klub barunya, dengan catatan empat clean sheet.

Sementara itu, Arsenal hanya mencatat dua clean sheet pada musim ini dengan mengandalkan Leno di gawang mereka.

Manajer Arsenal Arsene Wenger dan kapten klub Tony Adams memegang trofi juara setelah pertandingan FA Carling Premiership melawan Everton di Highbury di London (3/5/98). Arsenal menang 4-0 untuk mengamankan gelar. Ini adalah gelar piala ke-7 kali dan merupakan gelar pertama yang diraih Arsene Wenger bersama Arsenal. Ben Radford/Allsport

Menurut Adams, Martinez seharusnya menjadi kiper pilihan pertama Arsenal.

"Saya selalu mengatakan, jika Arsenal ingin menjuara liga lagi, mereka membutuhkan kiper terbaik dan bagi saya Leno bukan kiper terbaik," kata mantan kapten Arsenal itu kepada Sky Sports.

"Saya telah mempertanyakan kepergian Martinez. Menurut saya, itu adalah kesalahan. Saya pikir dia sudah dewasa dan tampil sangat baik musim lalu."

"Mengapa Anda, klub yang ingin memenangkan liga, melepaskan salah satu penjaga gawang terbaik di negara ini? Saya tidak melihat itu sebagai keputusan yang baik."

Martinez membuat debutnya bersama Aston Villa pada September lalu. Ketika itu, dia menyelamatkan penalti dan menjaga clean sheet dalam kemenangan 1-0 atas Sheffield United.

Emiliano Martinez telah tampil untuk timnas Argentina U-17 dan U-20. Dia mungkin akan melakukan debut bersama timnas senior yang telah ditunggu-tunggu di kualifikasi Piala Dunia di kandang melawan Paraguay pada Jumat pekan ini dan bermain tandang ke Peru pada Rabu pekan depan.

Sumber : Bisnis Indonesia