Terancam Hukuman 12 Laga, Ronald Koeman: VAR Selalu Merugikan Barcelona

Ronald Koeman - Instagram @ronaldkoeman
06 November 2020 15:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BARCELONA—Ronald Koeman berpotensi absen mendampingi Barcelona dalam 12 laga Liga Primera setelah kritiknya pada wasit ketika Barca keok 1-3 dari Real Madrid 24 Oktober lalu disoal. Saat itu Koeman mencibir wasit VAR karena memberikan Madrid tendangan penalti setelah Sergio Ramos terjatuh di kotak terlarang.

Dilansir Marca, Kamis (5/11/2020), Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) membuka penyelidikan terhadap kemungkinan pelanggaran yang dilakukan Koeman terkait pernyataan seputar VAR. Berdasarkan regulasi RFEF, Koeman berpeluang mendapat hukuman antara dua hingga 12 pertandingan atas komentarnya. Selain itu mantan pelatih timnas Belanda itu juga bisa didenda antara 600 euro hingga 3.000. euro.

Hasil penyelidikan terhadap Koeman berpeluang diumumkan antara tiga hingga empat pekan ke depan. Menariknya, bukan hanya Koeman satu-satunya dari kubu Barcelona yang berpeluang mendapat hukuman karena komentar terkait hasil El Clasico. Xavi Vilajona, mantan anggota dewan klub Barcelona era Presiden Josep Bartomeu, berpeluang mendapat hukuman dari RFEF karena menghina wasit El Clasico, Juan Martínez Munuera, melalui Twitter. Meski Vilajona sudah minta maaf, namun RFEF tetap membuka penyelidikan. “Ini sebuah skandal! Munuera, kamu pergi saja,” cuit Vilajona mengomentari kepemimpinan wasit di El Clasico.

Koeman sendiri mempertanyakan penggunaan VAR dalam insiden-insiden yang berpotensi menguntungkan Madrid. Pelatih asal Belanda itu mengklaim VAR selalu digunakan melawan Barcelona dalam lima laga awal Liga Primera. “Keputusan [penggunaan VAR] selalu melawan kami. Ketika Lionel Messi [dilanggar] melawan Sevilla dan dua kartu merah melawan Getafe, VAR tidak terlihat. Kenapa VAR selalu merugikan kami?” gerutu Koeman.

Barcelona tengah terseok-seok di kompetisi domestik setelah tertahan di posisi 12 dengan delapan poin dari enam laga. Performa Blaugrana di Liga Champions pun belakangan menurun. Mereka susah payah meraih kemenangan 2-1 atas Dynamo Kiev di Camp Nou, Kamis. Padahal sang lawan tampil tanpa 11 pemain inti, delapan di antaranya absen karena positif Covid-19. 

Sumber : JIBI/Solopos