Jota Mulai Usik Kemapanan Trio Firmansah

Diogo Jota - Instagram @diogoj_18
05 November 2020 08:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BERGAMO—Diogo Jota mulai menebar ancaman nyata pada trisula penyerang Liverpool, Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane. Bermain sejak menit awal, striker asal Portugal ini sukses mencetak hattrick yang mewarnai pesta gol 5-0 The Reds atas Atalanta dalam lanjutan Liga Champions di Stadion Gewiss, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB.

Tambahan tiga gol itu membuat Jota kini mengemas tujuh gol dari 10 penampilan di semua ajang. Torehan itu mendekati catatan Mohamed Salah yang menjaringkan sembilan gol dari 11 laga, dan lebih baik dari Sadio Mane yang mengemas lima gol dari sembilan penampilan. Firmino yang baru mencetak sebiji gol dari 11 penampilan musim ini jelas paling dibuat ketir-ketir dengan moncernya performa Jota.

Tak hanya punya ketajaman, bomber yang diboyong dari Wolverhampton senilai 41 juta poundsterling ini sudah nyetel dengan Salah dan Mane meski baru datang di musim panas lalu. Saat ketiganya bermain bersama, Liverpool memetik empat kemenangan da sekali hasil imbang. Namun bukan berarti Salah dan Mane tak terancam karena Jurgen Klopp beberapa kali menempatkan Jota sebagai winger. Klopp sendiri tak segan memuji kontribusi Jota dalam meningkatkan agresivitas serangan. “Saya tidak berpikir ada orang yang bisa bertahan melawan Sadio Mane, Mo Salah, dan Diogo Jota,” ujar Klopp dilansir BBC, Rabu.

Meski demikian, Klopp emoh menafikan Firmino meski striker Timnas Brasil itu belum kunjung on form. Dia menegaskan Firmino tetap menjadi pemain krusial bagi tim. Firmino kembali gagal mencetak gol saat masuk di menit ke-65 menggantikan Jota saat melawan Atalanta. “Ketika seorang pemain sedang bersinar, kita langsung membicarakan pemain lain yang terasa sudah bermain 500 laga beruntun. Tanpa Firmino, kami tidak akan berada di Liga Champions,” kata Klopp.

Penampilan oke Jota membuat Klopp menjadi banyak pilihan saat menghadapi Manchester City akhir pekan ini. Sementara itu, Jota menyebut performa moncernya tak lepas dari bantuan Mane dan Salah. “Mereka membuat segalanya menjadi mudah untuk saya,” ujar Jota dilansir BT Sport.

Sumber : JIBI/Solopos