Prediksi Juventus Vs Barcelona: Berebut Momentum Bangkit

Paulo Dybala - Instagram @juventus
28 Oktober 2020 07:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, TURIN—Juventus dan Barcelona sama-sama terluka jelang bentrok di Allianz Stadium, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. Sebelum menghadapi duel level tinggi di Grup G Liga Champions tersebut, kedua tim justru meraih hasil buruk di kompetisi domestik. Barca dipermalukan Real Madrid dengan skor 1-3 di Camp Nou, sedangkan Juventus diimbangi tim medioker Hellas Verona 1-1 di Turin.

Juventus bahkan hampir keok andai gol Andrea Favilli tak disamakan Dejan Kulusevski jelang akhir laga. Itu hasil seri beruntun yang didapat Juve setelah sebelumnya ditahan tim promosi Crotone dengan skor serupa. Penampilan kurang meyakinkan ini salah satunya akibat Cristiano Ronaldo yang masih absen karena terpapar Covid-19.

Hilangnya sang bintang membuat Andrea Pirlo kerap merombak taktik berikut pemain dalam beberapa laga terakhir. Sayang pendekatan itu justru menjadi masalah baru bagi Bianconeri. Pirlo perlu memutar otak mengingat Ronaldo, yang sukses mencetak 15 gol dalam 20 pertemuan terakhir kontra Barca, belum pasti comeback. Meski demikian, sang pelatih tak ragu dengan kekuatan timnya saat ini. “Saya tidak khawatir karena itu adalah dua pertandingan yang berbeda [antara Verona dan Barcelona], dengan dua gaya main yang berbeda,” ujar Pirlo seperti dilansir AS, Selasa (27/10/2020).

Juventus bakal mengerahkan semua kemampuan untuk merebut kemenangan keduanya di fase grup. Tak hanya membuat tim memuncaki klasemen, kemenangan atas Barca bisa menularkan momentum kebangkitan di ajang Serie-A. Sejauh ini Juve masih tertahan di posisi lima. Juventus sendiri punya rekor oke melawan tim asal Spanyol dengan memenangi lima dari tujuh laga terakhir.

Tuan rumah juga punya keuntungan dengan absennya Gerard Pique karena skorsing. Namun Si Nyonya Tua wajib mewaspadai Lionel Messi. Meski belum kunjung bersinar musim ini, La Pulga telah mencetak 13 gol melawan klub asal Italia, dua di antaranya ke gawang Juve. Striker belia, Ansu Fati, juga bisa menjadi teror bagi pertahanan Juve yang masih kehilangan Giorgio Chiellini dan Matthijs de Ligt karena cedera. Kemenangan juga akan sangat berarti bagi Barca yang masih tertahan di papan tengah klasemen Liga Primera.

Lebih jauh, laga nanti akan menjadi duel emosional bagi Miralem Pjanic dan Arthur yang “bertukar” klub pada awal musim. Keduanya bisa menjadi senjata rahasia karena sudah mengenal karakter mantan klubnya. Pjanic yang kini membela Barcelona mengatakan tim dalam posisi yang bagus di Liga Champions. Itu setelah mereka menghancurkan Ferencvaros 5-1 dalam laga perdana lalu. “Saya rasa sangat penting bagi kami untuk menjalani start yang baik di Liga Champions.”

Sumber : JIBI/Solopos