PSSI Akan Lanjutkan Liga 1 2020 pada 1 November

Latihan skuat PSS Sleman - Harian Jogja/Jumali
13 Oktober 2020 18:47 WIB Hery Setiawan (ST18) Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 1 November 2020 mendatang. 

Kesepakatan tersebut disetujui oleh 18 kontestan Liga 1. Keputusan untuk melanjutkan kompetisi tak lepas dari kepentingan untuk memajukan Timnas Indonesia agar mampu bersaing di perhelatan Internasional. Yang terdekat, tentu saja gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan ini merupakan kesepakatan bersama. Protokol kesehatan akan menjadi pedoman paling utama. Ia pun berharap pengendalian pandemi membuahkan hasil. Artinya, angka kasus positif Covid - 19 menurun dengan Kota Jakarta sebagai parameternya.

“Teman-teman dari 18 klub mengharapkan kompetisi bisa bergulir lagi. Ini harapan besar semua komponen sepak bola. Nanti malam kami akan melanjutkan untuk Liga 2. Biasanya kalau Liga 1 sudah menentukan, Liga 2 tinggal mengikuti,” katanya usai Extraordinary Club Meeting 2020 di Royal Ambarukmo Hotel, Selasa (13/10/2020).

Laki-laki yang akrab disapa Iwan Bule itu memberikan apresiasi kepada pemerintah atas dukungannya terhadap nasib sepak bola Indonesia, termasuk kepada pemerintah daerah yang turut mengizinkan wilayahnya menjadi tuan rumah kompetisi.

Ihwal kelanjutan kompetisi diharapkan mampu menghidupkan lagi sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Liga 1 sedianya digelar 1 Oktober setelah tertunda tujuh bulan karena pandemi Covid-19. Namun, kompetisi urung diputar lantaran kepolisian tidak mengeluarkan izin keramaian. Sampai sekarang, belum ada kepastian apakah izin keramaian bakal dirilis atau tidak.