Kali Pertama Sejak 1980, Madrid Tak Keluar Uang di Bursa Transfer

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane - Instagram @realmadrid
07 Oktober 2020 15:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Real Madrid biasanya tidak adem ayem ketika bursa transfer dibuka. Berstatus klub raksasa di Spanyol, Madrid selalu memanfaatkan jendela transfer untuk menambah “galacticos-nya” demi memenangi persaingan dengan seteru utama, Barcelona. Namun bursa transfer musim panas kali ini agaknya menjadi pengecualian bagi Los Blancos.

Di saat klub papan atas lain masih ngotot berbelanja di deadline day, Madrid sama sekali tak memboyong pemain baru hingga bursa transfer di Eropa ditutup Minggu (5/10/2020) waktu setempat. Praktis hanya Martin Odegaard dan Alvaro Odriozola yang berstatus “pemain baru”. Keduanya kembali dari masa peminjaman di Real Sociedad dan Bayern Munich.

Madrid justru melepas cukup banyak pemain, baik secara permanen maupun pinjaman. Beberapa di antaranya adalah Gareth Bale, James Rodriguez, Sergio Reguilon, Achraf Hakimi, Bahim Diaz, Dani Ceballos, Borja Mayoral, hingga Takefusa Kubo. Dilansir Evening Standard, Senin (6/10/2020), ini kali pertama dalam 40 tahun Madrid menjalani musim baru tanpa rekrutan baru. Pada musim panas 1980, Madrid mempromosikan tiga pemain dari tim Castilla dan membawa pulang Rafael Garcia dari peminjaman di Burgos.

Madrid bukannya tanpa rumor transfer di musim panas ini. Tim asuhan Zinedine Zidane sempat dikaitkan dengan Donny van de Beek dan Kai Havertz. Namun, Madrid tampaknya konsisten menahan diri menyusul kondisi finansial yang tak terlalu baik akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut sesuai ucapan Presiden Florentino Perez seusai tim memenangi Liga Primera musim lalu. Saat itu dia menyatakan tak akan ada rekrutan besar. Manajemen memilih menginvestasikan dana yang ada untuk renovasi Santiago Bernabeu yang biayanya disebut mencapai 800 juta euro.

Meski tanpa pemain baru, sejauh ini Luka Modric dkk. masih melaju mulus di kompetisi domestik. Mereka memuncaki klasemen dengan 10 poin dari empat pertandingan. Rival sekota, Atletico Madrid, yang memborong pemain baru macam Luis Suarez dan yang terbaru Lucas Torreira justru tertahan di posisi 12 dengan lima poin dari tiga laga. Adapun Barcelona yang memiliki amunisi tambahan seperti Miralem Pjanic, Trincao, Pedri hingga Sergino Dest sementara harus puas di peringkat lima dengan tujuh angka dari tiga laga. 

Sumber : JIBI/Solopos