Prediksi Leeds United Vs Manchester City: Laga Istimewa Filsuf

Pep Guardiola - Instagram @mrpepguardiola
03 Oktober 2020 12:57 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, LEEDS—Lawatan Manchester City ke markas Leeds United di Elland Road, Sabtu (3/10/2020) malam WIB, bakal sangat spesial bagi Josep “Pep” Guardiola. Pelatih berkepala plontos itu akhirnya bertemu idolanya yang notabene juru taktik Leeds, Marcelo Bielsa, dalam sebuah duel di Liga Premier.  

Dilansir Sky Sports, Jumat (2/10/2020), kekaguman Guardiola pada Bielsa berawal dari cerita Gabriel Batistuta kala keduanya bermain di AS Roma. Batistuta yang dibesut Bielsa di Timnas Argentina menceritakan bagaimana metode latihan manajer berjuluk El Loco itu. Batistuta juga mengatakan pada Guardiola bahwa ia harus berguru kepada Bielsa jika ingin menjadi pelatih.

BACA JUGA: Kepada Susi Pudjiastuti, Mike Tyson Cerita Kisah Pilu Hidup dalam Bui

Guardiola akhirnya berkesempatan bertemu dengan Bielsa saat dirinya pindah ke klub Meksiko, Dorados. Ia rela terbang ke Argentina untuk bersua Bielsa yang kala itu sedang menganggur selama dua tahun usai mengantarkan Timnas Argentina meraih gelar Olimpiade 2004. Saat bertemu Bielsa, Guardiola banyak berbincang soal sepak bola. Ia semakin yakin menjadikan Bielsa sebagai panutan sejak pertemuan tersebut.

Guardiola kemudian menjalin hubungan baik dengan Bielsa dan kerap meminta saran. Mereka juga sempat bertemu di Liga Primera kala Guardiola membesut Barcelona dan Bielsa menangani Bilbao. Meski begitu, Bielsa ternyata emoh disebut sebagai mentor Guardiola. Ia lebih memilih memuji mantan pelatih Bayern Munich itu sebagai sosok pelatih yang revolusioner. “Saya tidak merasa seperti mentor baginya, ini hal yang tak perlu dibahas. Jika ada pelatih yang punya ide-ide segar itu adalah Guardiola,” ujar Bielsa jelang laga melawan City, Jumat.

Di pertemuan nanti Leeds bakal datang dengan peringkat lebih baik yakni posisi tujuh, hasil memetik enam poin dari tiga laga. Adapun The Citizens masih tertahan di peringkat 13 dengan tiga poin dari dua laga. Melawan Leeds, City bakal mendapat ujian keras untuk bangkit selepas digasak Leicester City dengan skor 2-5 pekan lalu.