Dramatis, MU Taklukkan Brighton

Pemain MU Bruno Fernandes mencetak gol bersejarah ke gawang Brighton. - PremierLeague.com
26 September 2020 22:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester United secara dramatis menaklukkan tuan rumah Brighton & Hove Albion dengan skor tipis 3–2 dalam pertandingan pembuka pekan ketiga Liga Inggris pada Sabtu (26/9/2020) malam WIB.

Laga yang berlangsung di Stadion Amex, markas Brighton, berjalan sangat alot dengan ditandai dua tendangan penalti serta dua gol yang terjadi pada injury time babak kedua.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasir Chris Cavanagh bahkan berjalan lebih dari 99 menit dengan penalti Bruno Fernandes terjadi pada menit ke-99 detik 45 dan itu menentukan kemenangan MU.

Gol yang terjadi pada menit ke-99 lebih 45 detik merupakan gol paling telat kedua dalam sejarah Liga Primer setelah Juan Mata melakukannya untuk Chelsea ke gawang Norwich City pada Agustus 2011. Ketika itu Juan Mata mencetak gol pada menit ke-100 lebih 3 detik.

Neal Maupay membuka skor untuk tuan rumah melalui eksekusi penalti pada menit ke-40. Dia nmengeksekusi tendangan penalti dengan ala Panenka yakni mencungkil bola. Wasit memherikan hadiah penalti setelah pemin MU Bruno Fernandes menjatuhkan Tariq Lamptey di kotak terlarang.

Namun, hanya berselang 3 menit kemudian, MU mampu mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1–1 akibat bek Brighton Lewis Dunk menjebol gawang sendiri setelah gagal mengantisipasi sepakan kapten MU Harry Maguire.

Memasuki babak kedua, berjalan 8 menit, Marcus Rashford menjebol gawang Brighton setelah memanfaatkan umpan slang Anthony Martial, tetapi dianulir karena offside setelah wasit meninjau VAR.

Namun, hanya 2 menit kemudian Rashford akhirnya jadi juga membalikkan skor 2–1 untuk keunggulan MU setelah mengecoh bek tuan rumah Ben White.

Pada injury time, memasuki menit ke-5, Brighton berhasil menyamakan skor men jadi 2-2 melalui sundulan kepala Solly March. Sundulan yanhg elok karena dia menanduyk bola rumput sebelum menembus gawang MU yang dikawal kiper David de Gea.

Namun, wasit belum berkeinginan menyetop laga. Alhasil ketika injury time berjalan 8 menit, MU mendapat penalti setelah pemain Brighton Neal Maupay, pembuka skor handball saat mencoba mengantisipasi bola sundulan Maguire.

Brino Fernandes, penyebab penalti untuk Brighton, menjadi eksekutor yang mengubah skor akhir menjadi 2 – 3 untuk skuad berjuluk Setan Merah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Dengan hasil ini, MU mendulang poijn pertamanya setelah di laga pembuka kalah 1–3 versus Crystal Palace justru ketika bertindak sebagai tuan rumah di Old Trafford. MU kini duduk di posisi ke-13 dengan nilai 3, sedangkan Brighton di peringkat ke-10 juga dengan nilai 3.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia