3 Pemain PSS Ditarik ke Timnas U-16

Logo PSS Sleman - Ist
21 September 2020 13:37 WIB Hery Setiawan (ST18) Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Tiga pemain muda PSS Sleman, yakni Rka Octa (penjaga gawang), Iput Nurhasan (bek tengah), dan Fahmi Alvin Setiawan (bek kanan) mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U-16 di Jakarta.

Kepala Development Center PT. Putra Sleman Sembada (PSS), Guntur Cahyo Utomo, mengatakan panggilan ini merupakan sebuah capaian positif bagi sepak bola Sleman.

“Dengan adanya tiga anak ini, kita berharap semua elemen yang ada di PSS, sepak bola Sleman, dan sepak bola DIY menjadi terangkat dan menjadi lebih semangat untuk pengembang-pengembangan berikutnya,” kata Guntur beberapa waktu lalu.

Development Center PSS belum lama berdiri. Badan tersebut membawahkan Akademi PSS tempat Guntur ditunjuk sebagai direkturnya.

Pemanggilan oleh Timnas U-16, kata Guntur merupakan peluang emas bagi pemain untuk bermain di level yang lebih kompetitif. Pasalnya, selama ini, pemain muda hanya tampil di kompetisi Elite Pro Academy (EPA), paling mentok bertanding bersama klubnya di ajang Liga 1. “Sehingga nanti kita akan punya banyak bibit atau calon-calon pemain yang bisa mengisi skuat PSS senior,” tambahnya.

Pengembangan bibit muda dengan membentuk tim EPA Liga 1 bukan hanya pemenuhan kewajiban semata. Guntur mengatakan Super Elang Jawa punya misi membawa pemain muda lokal ke level yang lebih tinggi.

Program tersebut, lanjut Guntur adalah buah kerja sama antara PSS dan sekolah sepak bola (SSB) yang ada di DIY. Guntur berharap kerja sama itu akan terus berlangsung demi meroketnya prestasi sepak bola Sleman, DIY, dan nasional.

Direktur Operasional PT. PSS, Hempri Suyatna berpesan kepada tiga pemain bahwa keterampilan menggiring bola sama pentingnya dengan kualitas perilaku di dalam maupun luar lapangan. Agaknya, ini menjadi penting sebab masyarakat tak hanya menyoroti pemain senior. Pemain junior pun tak luput dari perhatian masyarakat.

“Masyarakat akan menyoroti para pemain PSS, tak hanya yang senior tapi juga yang muda. Pemain yang senior hendaknya memberi contoh baik untuk yuniornya,” ujar Hempri.

Capain tahun ini terbilang lebih baik dari tahun lalu. Sebelumnya, PSS mengirim penyerang muda, Saddam Emiruddin Gaffar untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U-19.