Tinggalkan Barcelona, Messi Ingin Pindah ke Manchester City

Pep Guardiola (kiri) dan Lionel Messi saat masih bersama di Barcelona. - AFP
26 Agustus 2020 17:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Lionel Messi sudah memberi tahu manajemen Barcelona tentang niatnya hengkang di bursa transfer musim ini. Messi ingin bereuni dengan Pep Guardiola di Manchester City.

Kontrak Messi di Barcelona akan berakhir pada pertengahan 2021. Namun, agen penyerang 33 tahun ini sudah mengajukan klausul pelepasan sehingga Messi bisa pergi dari Camp Nou tanpa biaya transfer sepeser pun. Messi dipagari klausul pelepasan 700 juta euro (Rp12 triliun). Namun, sebagaimana dilaporkan ESPN, klausul tersebut bisa diakhiri oleh Messi secara sepihak kapan pun dia mau.

Gaji Messi sangat besar, yakni 565.000 euro atau sekitar Rp9,7 miliar per pekan. Hanya segelintir klub yang mampu menggaji Messi, yakni PSG, Inter Milan, dan Manchester City.

Menurut laporan Goal, Messi lebih tertarik bergabung dengan City karena bisa bereuni dengan Guardiola. Saat Pep melatih Barcelona, Messi dua kali menjuarai Liga Champions dan empat kali menyabet penghargaan Ballon d'Or.

ESPN bahkan menyebut Messi dan Pep sudah berbicara mengenai proyek di City yang bisa membuat Messi kembali berjaya di usianya yang kini sudah menginjak 33 tahun. Percakapan telepon itu terjadi beberapa hari setelah Barcelona kembali tersingkir dari Liga Champions setelah dihabisi 2–8 oleh  Bayern Munchen.

ESPN juga mengetahui bahwa baru-baru ini para eksekutif tingkat tinggi di City sudah berbicara dengan kubu Messi. City tahu bahwa sang pemain sebenarnya sudah ragu akan terus bersama Barca sebelum bencana Bayern tersebut.

Setelah Messi menyatakan ingin meninggalkan Barca, City kini menghitung uang yang jharus digelontorkan untuk membayar gaji Messi tanpa mengganggu kas klub. Manchester City baru saja memenangi banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) atas dugaan pelanggaran Financial Fair Play pada 13 Juli.