Spezia Ikuti Benevento & Crotone Promosi ke Serie A Liga Italia

Spezia promosi ke Serie A Italia. - Twitter@acspezia
21 Agustus 2020 23:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – AC Spezia promosi dari Serie B ke Seria A italia meskipun dalam final play-off leg kedua kalah 0–1 dari Frosinone pada Jumat (21/8/2020).

Dalam pertandingan di Stadion Alberto Picco di La Spezia, satu-satunya gol kemenangan tim asuhan Alessandro Nesta, mantan pemain Timnas Italia, AC Milan, dan Lazio, dicetak oleh Marcus Rohden.

Gelandang serang Timnas Swedia itu sukses menjebol gawang tuan rumah yang dikawal oleh kiper Simone Scuffet pada menit ke-61 dengan memaksimalkan assist pemain depan Camillo Ciano.

Dengan hasil tersebut, skor agregat kedua tim menjadi 1–1, karena dalam pertandingan leg pertama Spezia justru berhasil memetik kemenangan dengan skor persis sama pada Senin (17/8/2020) dini hari WIB.

Oleh karena skor agregat imbang 1–1, Spezia yang lolos promosi, pertama kali dalam sejarah klub berjuluk Elang itu. Regulasi yang diterapkan di play-off ini, jika skor imbang, tim yang di klasemen akhir kompetisi Serie B reguler menjadi pemenangnya.

Dalam hal ini, Spezia, yang ditukangi pelatih Vincenzo Italiano, mantan pemain Hellas Verona dan Chievo Verona, finis di peringkat ketiga kompetisi reguler, sedangkan Frosinone di peringkat kedelapan.

Spezia mendulang nilai akhir 61 di klasemen akhir Serie B, berada di bawah Benevento dan Crotone yang memastikan promosi ke Serie tanpa play-off.

Enam tim yang finis di peringkat ketiga hingga kedelapan, berturut-turut adalah Spezia, Pordenone, Cittadella, Chievo Verona, Empoli, dan Frosinone, lolos ke play-off untuk berebut satu tiket ke Serie A.

Peringkat ketiga dan keempat, Spezia dan Pordenone, langsung masuk semifinal, sedangkan empat tim peringkat kelima hingga kedelapan melewati satu laga penyisihan untuk lolos ke semifinal.

Chievo Verona berhasil mengatasi Empoli, sedangkan Frosinone mengalahkan Cittadella. Dengan demikian, Chievo dan Frosinone melaju ke semifinal.

Di semifinal, Spezia dan Frosinone tampil heroik. Setelah menelan kekalahan di leg pertama, mereka mampu membalikkan keadaan di pertandingan leg kedua.

Spezia kalah 0–2 di leg pertama di kandang Chievo, tetapi berhasil memetik kemenangan dengan skor 3–1 ketika bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan semifinal leg kedua.

Dengan demikian, skor agregat 3–3 dan Spezia lolos ke final karena kedudukannya di klasemen akhir kompetisi reguler Serie B lebih baik dibandingkan dengan Chievo, meskipun Chievo sebenarnya unggul gol tandang di semifinal play-off.

Penampilan Frosinone di semifinal lebih heroik lagi. Mereka sudah menelan kekalahan 0–1 ketika menjamu Pordenone, tetapi mampu menang 2–0 di laga leg kedua justru ketika bertarung di markas Pordenone, sehingga Frosinone lolos ke final dengan skor agregat 2–1.

Spezia mengikuti jejak Benevento dan Crotone promosi ke Serie A. Mereka menggantikan Lecce, Brescia, dan SPAL (Societa Polisportiva Ars et Labor) yang degradasi ke Serie B karena menempati tiga posisi terbawah Serie A musim 2019–2020.

Sumber : Bein Sports & Soccerway