Advertisement

Pelatih Legendaris Timnas Indonesia Tutup Usia

Newswire
Rabu, 19 Agustus 2020 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Pelatih Legendaris Timnas Indonesia Tutup Usia Kabar duka meninggalnya Henk Wullems - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelatih legendaris yang pernah menangani Timnas Indonesia, Henk Wullems, meninggal dunia pada usia 84 tahun di Tilburg, Belanda, Selasa (18/8/2020).

Dikutip dari dalam laman The Telegraaf, Rabu (19/8/2020), Henk Wullems meninggal akibat infark otak yang dialaminya dalam beberapa tahun terakhir. Ia akan dikremasi pada Sabtu (22/8/2020) di Tilburg.

Advertisement

Henk terbilang salah satu pelatih yang telah malang melintang di Liga Belanda. Sejumlah klub di Liga Belanda pernah ia arsiteki seperti Willem II, NAC Breda, Vitesse, hingga AZ Alkmaar.

BACA JUGA: Pembagian Grup Liga 2 Resmi Ditentukan, PSIM Jogja Main di Pekanbaru

Ketika membesut NAC Breda, dia mampu mempersembahkan gelar juara di KNVB Cup pada 1973 setelah mengalahkan NEC Nijmegen di final. Semusim berselang, ia juga kembali membawa NAC ke final, tetapi kalah dari AZ.

Pada medio pertengahan 90-an, dia terbang ke Indonesia dan terlahir sebagai salah satu legenda sepak bola Indonesia.

Mengarsiteki Bandung Raya pada 1995, ia langsung membawa gelar juara di musim perdananya. Kala itu dia berhasil mengalahkan PSM Ujungpandang (PSM Makassar) dengan skor 2-0.

Catatan apiknya tersebut membuat PSSI kepincut untuk mendatangkan Henk Wullems sebagai pelatih timnas. Ia dipercaya untuk menjadi nakhoda Bima Sakti dan kawan-kawan di SEA Games 1997. Kepercayaan itu dibayar tuntas meski hanya mengantarkan medali perak.

Selepas itu, karier Henk semakin cemerlang di Indonesia dengan bergabung bersama PSM Makassar pada 1999. Berkat tangan dinginnya, Tim Ayam Jantan dari Timur tersebut berhasil menjadi juara Liga Indonesia.

Seusai membesut PSM, Henk malang melintang di berbagai klub Indonesia. Ia tercatat pernah melatih Persikota Tangerang, Arema FC, dan menutup karier kepelatihannya di Tanah Air dengan membesut Persegi Bali FC pada 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement