Pelatih Legendaris Timnas Indonesia Tutup Usia

Kabar duka meninggalnya Henk Wullems - Instagram
19 Agustus 2020 15:07 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelatih legendaris yang pernah menangani Timnas Indonesia, Henk Wullems, meninggal dunia pada usia 84 tahun di Tilburg, Belanda, Selasa (18/8/2020).

Dikutip dari dalam laman The Telegraaf, Rabu (19/8/2020), Henk Wullems meninggal akibat infark otak yang dialaminya dalam beberapa tahun terakhir. Ia akan dikremasi pada Sabtu (22/8/2020) di Tilburg.

Henk terbilang salah satu pelatih yang telah malang melintang di Liga Belanda. Sejumlah klub di Liga Belanda pernah ia arsiteki seperti Willem II, NAC Breda, Vitesse, hingga AZ Alkmaar.

BACA JUGA: Pembagian Grup Liga 2 Resmi Ditentukan, PSIM Jogja Main di Pekanbaru

Ketika membesut NAC Breda, dia mampu mempersembahkan gelar juara di KNVB Cup pada 1973 setelah mengalahkan NEC Nijmegen di final. Semusim berselang, ia juga kembali membawa NAC ke final, tetapi kalah dari AZ.

Pada medio pertengahan 90-an, dia terbang ke Indonesia dan terlahir sebagai salah satu legenda sepak bola Indonesia.

Mengarsiteki Bandung Raya pada 1995, ia langsung membawa gelar juara di musim perdananya. Kala itu dia berhasil mengalahkan PSM Ujungpandang (PSM Makassar) dengan skor 2-0.

Catatan apiknya tersebut membuat PSSI kepincut untuk mendatangkan Henk Wullems sebagai pelatih timnas. Ia dipercaya untuk menjadi nakhoda Bima Sakti dan kawan-kawan di SEA Games 1997. Kepercayaan itu dibayar tuntas meski hanya mengantarkan medali perak.

Selepas itu, karier Henk semakin cemerlang di Indonesia dengan bergabung bersama PSM Makassar pada 1999. Berkat tangan dinginnya, Tim Ayam Jantan dari Timur tersebut berhasil menjadi juara Liga Indonesia.

Seusai membesut PSM, Henk malang melintang di berbagai klub Indonesia. Ia tercatat pernah melatih Persikota Tangerang, Arema FC, dan menutup karier kepelatihannya di Tanah Air dengan membesut Persegi Bali FC pada 2007.