Seperti Ini Formasi Pemain MU Jika Sancho Jadi Datang

Jadon Sancho - Caughtoffside
04 Agustus 2020 23:57 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Manchester United (MU) tinggal sejengkal mendapatkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund. MU sudah mencapai kesepakatan pribadi dengan pemain berusia 20 tahun itu.

The Sun melaporkan, MU dan Jadon Sancho sudah sepakat soal kontrak empat tahun dengan opsi memperpanjangnya setahun lagi. Pemain sayap tersebut akan mendapat bayaran 220 ribu pound sterling (Rp 4,2 miliar) per pekan.

Jika MU berhasil memboyong Sancho ke Stadion Old Trafford, maka lini depan Setan Merah dipastikan bakal lebih trengginas pada musim depan. Pasalnya, Sancho membawa tabungan 20 gol dan assist bersama Dortmund musim ini.

Kehadiran Sancho diprediksi akan membuat perubahan dalam susunan pemain dan formasi yang akan dipergunakan pelatih Ole Gunnar Solskjaer di musim depan.

Solskjaer diprediksi akan memakai formasi 4-2-3-1 dengan fleksibiltas lini tengah dan depan yang bisa berubah-ubah posisi.

Posisi kiper sepertinya masih akan dipegang David De Gea meski beberapa kali mantan pemain Atletico Madrid itu membuat blunder fatal termasuk saat bertemu Chelsea di semifinal Piala FA,

Ada desas-desus Dean Henderson bakal ditarik lagi guna menggantikan De Gea. Selain itu ada nama baru yaitu Kasper Schmeichel yang masuk dalam bursa penjaga gawang incaran MU. Uniknya, Schmeichel sempat membuat blunder fatal saat Leicester bertemu MU di laga terakhir Liga Inggris musim ini.

Sementara itu di lini belakang Solskjaer masih akan mengandalkan empat pemain belakang yang diisi Aaron Wan Bissaka, Harry Maguire, Victor Lindelof dan Luke Shaw. Yang harus menjadi concern adalah pelapis untuk bek tengah yang masih minim. Sering cederanya Eric Bailly dan penampilan angin-anginan Phil Jones membuat Solskjaer wajib mencari pelapis yang sepadan.

Pasalnya, MU di musim depan bukan hanya berlaga di Liga Inggris tetapi juga Liga Champions. Turnamen tempat berkumpulnya tim terbaik dari seluruh Eropa. MU yang pernah menjadi kampiun pastinya tidak ingin kebobolan dan numpang lewat seperti musim ini.

Di lini tengah MU punya banyak pilihan pemain tergantung skema apa yang ingin diterapkan Solksjaer, Tetapi jika menilik dari formasi 4-2-3-1, maka dua gelandang tengah akan diisi oleh Paul Pogba dan Bruno Fernandes yang mulai padu di akhir-akhir kompetisi.

Selain Pogba dan Fernandes, masih ada nama Nemanja Matic, Fred, Scott McTominay yang bisa diandalkan sebagai pelapis.

Tiga trisula yang akan menopang kinerja striker akan diisi Jadon Sancho, Mason Greenwood dan Anthony Martial. Jika digabung, jumlah gol ketiga pemain ini mencapai 61. Torehan jumlah gol tersebut sama dengan pencapaian Tottenham Hotspur di Premier League musim ini.

Nama Marcus Rashford layak dijadikan starter. Pemain muda yang diorbitkan pada zaman Louis Van Gaal mencatatkan 22 gol dan 10 assist pada musim ini. Namun Solskjaer juga perlu mencari satu striker pelapis untuk menutupi lubang jika Rashford absen.

Memang masih ada Odion Ighalo, namun pemain asal Nigeria itu hanya mencatatkan lima gol dari 17 laga. Selain itu, masalah umur yang sudah tidak terlalu muda lagi juga patut jadi pertimbangan.

Jika Solskjaer benar-benar bisa menerapkan formasi dan susunan pemain seperti ini, sepertinya MU bakal berpacu dengan Liverpool dan sang tetangga Manchester City dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim depan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia