Iker Casillas Resmi Pensiun Setelah 22 Tahun Berkarier

Iker Casillas - Instagram @ikercasillas
04 Agustus 2020 23:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MADRID—Kiper legendaris Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas, resmi pensiun dari kariernya sebagai pesepak bola. Keputusan itu diumumkan pemain 39 tahun lewat media sosialnya, Selasa (4/8/2020). Kabar Casillas bakal gantung sepatu sejatinya sudah cukup lama berembus menyusul masalah kesehatan yang membayangi akhir kariernya.

Mei 2019 lalu, Casillas menderita serangan jantung dan sempat mendapatkan perawatan kala masih aktif bermain untuk FC Porto. Pemulihan penyakit jantung membuatnya harus absen di musim 2019/2020 bersama Porto meski masuk dalam skuat. Presiden Porto, Jorge Nuno Pinto, pun sempat mengonfirmasi soal keputusan pensiun pemain berjuluk Santo Iker itu Februari 2020 lalu.

Namun baru kali ini Casillas menyampaikan langsung keinginannya berpisah dari dunia sepak bola yang telah membesarkannya selama 22 tahun. “Yang paling penting adalah jalan yang Anda tempuh dan orang-orang yang menemani Anda, bukan tujuan yang Anda ambil. Saya pikir saya dapat mengatakan, tanpa ragu-ragu, bahwa ini telah menjadi jalan yang benar dan tujuan impian. Terima kasih,” tulis Casillas dalam unggahan sosial media, dilansir Marca, Selasa.

Di usia 17 tahun, Casillas mencatatkan debut profesionalnya bersama Real Madrid hingga menjadi legenda hidup Los Blancos dengan 725 penampilan, lima gelar Liga Primera serta dua trofi Liga Champions. Selain itu sang pemain juga menjadi kiper utama kala Spanyol meraih gelar Piala Eropa 2008, 2012 serta Piala Dunia 2010. Pensiun dari sepak bola, Casillas kemungkinan tak akan jauh dari dunia yang membesarkannya. Pemain berusia 39 tahun tersebut bakal mencalonkan diri menjadi presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Sumber : JIBI/Solopos