Trofi Piala FA Akan Membuat Aubameyang Bertahan di Arsenal

Pierre-Emerick Aubameyang - Reuters/Eddie Keogh
01 Agustus 2020 01:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengatakan trofi Piala FA sangat penting untuk membuat striker Pierre-Emerick Aubameyang tetap bertahan. Arsenak akan menghadapi Chelsea di final pada Sabtu (1/8/2020) tengah malam WIB. Jika menang, The Gunners bisa lolos ke Liga Europa.

"Saya tidak punya perasaan itu," kata Arteta ketika ditanya apakah pertandingan melawan Chelsea akan menjadi yang terakhir bagi Aubameyang, striker Timnas Gabon berusia 31 tahun yang kontraknya bersama Arsenak tersisa satu tahun.

"Memenangi trofi membantu kamu percaya. Jika kamu mengenakan ban kapten di lengan dan mengangkat piala, itu akan membantu [untuk bertahan]," ucapnya pada Jumat (31/7/2020).

Arsenal finis di urutan kedelapan di Liga Primer Inggris, di luar tempat kualifikasi Eropa, tetapi kemenangan atas tim Frank Lampard di Wembley akan berarti mendapat tiket langsung fase grup Liga Eropa musim 2020–2021.

Arteta, yang menjadi kapten Arsenal untuk kemenangan Piala FA pada 2014 dan 2015, mengatakan kesuksesan itu bisa meyakinkan Aubameyang untuk memercayai klub bergerak ke arah yang benar.

"Saya tak ingin menghubungkan kedua faktor ini [menjaga Aubameyang dan sepak bola Eropa], tetapi secara finansial itu membantu. Kami punya kesempatan melakukan keduanya," kata pelatih asal Spanyol berusia 38 tahun itu, yang menukangi The Gunners—pekerjaan pertamanya sebagai pelatih kepala—pada Desember 2019 menggantikan Unai Emery setelah menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City.

"Ini sebuah paket. Anda perlu banyak bahan di atas meja untuk membujuk seorang pemain. Saat ini dia bersama kami dan saya pikir dia harus bangga dengan keberadaannya. Ini menghasilkan kepercayaan ketika kamu memenangkan gelar. Itu menghasilkan momen ketika bersama kamu melewati beberapa emosi yang baik," lanjut Arteta.

Jika Arsenal berhasil menaklukkan Chelsea di final FA Cup, itu akan menjadi momen sangat bagus bagi The Gunners, karena kompetisi tersebut untuk musim ini disponsori oleh maskapai Emirates, yang merupakan pemilik Arsenal.

Arsenal berhasil melaju ke final Piala FA berkat kemenangan 2–0 atas juara bertahan Manchester City, sedangkan Chelsea melaju ke partai puncak setelah menundukkan Manchester United 3–1.

Sumber : BBC