Barcelona Hadapi Cobaan Berlipat Menuju Trofi Penyelamat

Lionel Messi - Instagram @leomessi
29 Juli 2020 22:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BARCELONA—Upaya Barcelona untuk memenangi Liga Champions musim ini tampaknya harus menemui jalan berliku. Luis Suarez dkk. terancam tak bisa menjamu Napoli di Camp Nou dalam leg II babak 16 besar pada Minggu (9/8/2020) dini hari WIB menyusul dampak persebaran Covid-19. Skuat Blaugrana juga tengah compang-camping dengan hanya menyisakan 14 pemain senior yang siap tampil.

Kondisi itu jelas tak menguntungkan mengingat Liga Champions menjadi satu-satunya peluang tersisa Barca untuk meraih trofi musim ini. Mereka sudah tersingkir dari Copa del Rey dan hanya finis runner up di Liga Primera 2019/2020. Barcelona pun terancam semusim tanpa gelar untuk kali pertama dalam 13 tahun.

Football Italia melansir duel leg II antara Barcelona dan Napoli berpeluang dipindah dari Camp Nou lantaran lonjakan kasus corona di Catalunya. Sejumlah wilayah di Catalunya juga sudah memberlakukan lockdown. Anggota Dewan UEFA, Evelina, Christillin, mengatakan pihaknya menyiapkan dua kota di Portugal sebagai alternatif jika laga krusial itu harus dipindah. “Guimaraes dan Oporto sudah disiapkan sebagai rencana B,” ujar Christillin.

Meski demikian, pihaknya menjelaskan, sampai saat ini belum ada instruksi perubahan tempat pertandingan untuk Barcelona vs Napoli. UEFA masih menetapkan Camp Nou sebagai venue untuk laga penentuan bagi kedua tim itu. Barcelona dituntut memenangi leg kedua setelah hanya bermain imbang 1-1 di leg I yang digelar di markas Napoli.

Kondisi kian rumit karena Barcelona cuma punya 14 pemain senior yang dapat dimainkan menghadapi Napoli. Akumulasi kartu dan cedera menjadi masalah utama Blaugrana jelang bergulirnya laga hidup mati tersebut. Gelandang Sergio Busquets dan Arturo Vidal dipastikan absen karena suspensi, sedangkan bek Samuel Umtiti menepi karena cedera.

Menurut laporan Sport, Barcelona hanya menyisakan dua kiper, lima bek, empat gelandang, dan empat striker untuk meladeni tim asuhan Gennaro Gattuso. Ousmane Dembele yang sudah mengikuti latihan tidak disertakan dalam pertandingan nanti. Kondisi tersebut memaksa Pelatih Quique Setien memanggil para pemain muda guna melengkapi komposisi skuat. 

Para pemain belia yang akan dilibatkan dalam latihan adalah Inaki Pena, Arnau Tenas, Dani Morer, Jorge Cuenca, Oscar Mingueza, Monchu, Jandro Orellana, Ludovit Reis dan Konrad de la Fuente. Inaki Pena layak dipertimbangkan sebagai kiper ketiga. Sedangkan Cuenca dan Mingueza bisa menjadi salah satu opsi di posisi bek tengah. Dani Morer sebagai fullback, sedangkan Monchu gelandang.

Sumber : JIBI/Solopos