Seperti Ini Desain Kostum Tandang Timnas Indonesia yang Dipuji PSSI

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membubuhkan tanda tangan di kosum tandang Timnas Indonesia. - PSSI.org
27 Juli 2020 16:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – PSSI mengapresiasi desain kostum tandang Timnas Nasional Indonesia dari Mills karena menampilkan corak khas keindonesiaan

Menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, tampilan jersey baru ini akan membuat Timnas Indonesia lebih terpacu untuk berprestasi di tengah banyaknya agenda yang akan dihadapi pada akhir tahun ini.

“Harapan publik pada prestasi sepak bola kita sangat besar. Saya yakin jersey baru akan membuat timnas lebih percaya diri,” kata Iriawan saat menghadiri Grand Opening Mills Store sekaligus launching jersey away timnas di Jakarta pada Senin (27/7/2020).

Dia menyampaikan ada beberapa alasan dia sangat ingin seragam timnas berasal dari produk dalam negeri. “Kami memenuhi amanat Presiden Jokowi yang memerintahkan agar menggalakkan produk-produk lokal, yang sesungguhnya kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri.”

Iriawan menggarisbawahi bahwa dengan memilih hasil karya anak negeri, otomatis pula akan menggerakkan usaha kecil menengah serta membuka lapangan kerja di lokasi pabrik tempat perusahaan itu berada.

“Keputusan ini juga diambil agar produk dalam negeri dikenal secara luas terutama saat timnas berlaga dalam ajang internasional, apalagi tahun depan kita akan menjadi sorotan dunia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” paparnya.

Pada akhir tahun ini Timnas U-16 akan tampil sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara di putaran final Piala Asia U-16 di Bahrain, sedangkan Timnas U-19 bertarung di Piala Asia U-19 di Uzbekistan. Sementara itu, timnas senior akan menjalani lanjutan Pra-Piala Dunia 2022—meski sudah pasti tersingkir—dan Piala AFF (Asean Football Federation).

Iriawan percaya bahwa dengan tampil di ajang AFF, Piala Asia, Pra-Piala Duniam dan Piala Dunia U-20 2021 mengenakan pakaian produksi dalam negeri, para pemain timnas akan bermain dengan lebih percaya diri bahwa produk Indonesia sejajar dengan produksi bangsa-bangsa lain.

“Saya sudah cek Mills buatan dalam negeri. Kantornya di Jakarta Barat, gudangnya di Jakarta Utara, pabriknya di Tangerang. Para pemain timnas pun menyatakan kualitas jersey saat ini lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya,” ujarnya sebagaimana dilansir laman resmi PSSI.

Iriawan mengaku semakin bangga, karena di kostum tandang timnas terdapat corak kepulauan Indonesia. Ada corak hijau menggambarkan suburnya tanah Indonesia. Dalam corak hijau itu, ada bentangan garis yang bermakna indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa.

“Kalau bermain malam hari, akan nampak menyala desain pulau-pulau di Indonesia. Bisa dipahami keindonesiaannya, karena yang membuat benar-benar orang Indonesia. Semoga jersey ini benar-benar bisa menginspirasi para pemain dan suporter timnas kita,” tuturnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia