Juventus Juara Liga Italia, Sarri Pecahkan Rekor

Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala - Instagram Paulo Dybala
27 Juli 2020 09:47 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Juventus sukses menyebat scudetto Serie A Liga Italia sembilan kali beruntun setelah mengalahkan Sampdoria 2-0 pada pekan ke-36 di Stadion Allianz, Senin (27/7/2020). Pelatih Maurizio Sarri pun menorehkan rekor.

Juventus harus bersusah payah menjalani laga ini dan dipaksa mengganti dua pemainnya Danilo dan Paulo Dybala di babak pertama akibat cedera.

Juve ykurang solid hingga 15 menit pertama. Strategi umpan-umpan pendek di depan kotak penalti yang diterapkan pelatih Maurizio Sarri tidak bisa membongkar pertahanan Sampdoria. Sementara itu pelatih Sampdoria, Claudio Ranieri memakai strategi serangan balik lewat umpan daerah yang disukai striker Fabio Quagliarella.


Hingga jeda waktu cooling break di menit 25, belum ada peluang yang mampu benar-benar membuat gawang kedua tim terancam. Quagliarella malah mendapat peluang di menit 37 tetapi bola sepakan mendatarnya bisa ditangkap Szczesny.

Cristiano Ronaldo akhirnya bisa memecah kebuntuan setelah mencetak gol di menit akhir pertandingan babak pertama. Berawal dari umpan tendangan bebas Miralem Pjanic, Ronaldo dengan cerdik menyepak bola menyusur tanah yang tidak bisa dihalau kiper Emil Audero.

Sampdoria mendapat dua peluang bagus dalam kurun waktu dua menit selepas babak kedua dimulai. Namun berkat kesigapan kiper Szczesny, peluang dari Gaston Ramirez dan Yoshida tidak dapat berbuah gol untuk Sampdoria.

Audero kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya di menit 60 usai menyelamatkan sepakan keras dari Ronaldo. Sampdoria nyaris menjebol gawang Juve lewat sundulan Quagliarella di menit 70 namun bisa ditepis Szczesny.

Juventus akhirnya bisa menambah keunggulan lewat bola sontek Federico Bernardeschi di menit 67. Berawal dari serangan balik, tendangan Ronaldo yang kurang sempurna ditangkap Audero bisa dicocor Bernardeschi yang membuat skor Juve vs Sampdoria berubah 2-0.

Sampdoria harus bermain dengan 10 orang pemain dari menit 77 setelah Morten Thorsby mendapat dua kartu kuning usai menackle Pjanic.

Juventus mendapat hadiah penalti di menit 88 setelah Alex Sandro dijatuhkan di dalam kotal terlarang. Namun Ronaldo yang maju sebagai algojo tidak bisa menuntaskan misinya dengan sempurna.

Hingga peluit pertandingan berakhir, skor tak berubah.

Berkat kemenangan ini, Juventus yang sudah mengkoleksi 83 angka kembali menjadi juara Liga Italia untuk kesembilan kali secara beruntun. Inter Milan yang ada di posisi kedua dengan nilai 76 tidak akan bisa menyamai perolehan angka Juve dengan dua laga tersisa.

Sementara, Maurizio Sarri di usia 61 tahun enam bulan memecahkan rekor sebagai pelatih tertua yang meraih scudetto. Ia mengalahkan catatan Nils Liedholm yang pada usia 60 tahun tujuh bulan membawa AS Roma juara Liga Italia pada 1983.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia