Jika Tak Ada Halangan, Agustus PSS Sleman Mulai Latihan

Irfan Bachdim, segera melanjutkan Liga 1 bersama PSS Sleman. - Harian Jogja/Jumali
20 Juli 2020 17:07 WIB Hery Setiawan (ST18) Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman mengharapkan penanganan Covid–19 di Sleman berlangsung cepat sehingga memungkinkan adanya pelonggaran kebijakan pembatasan fisik. Bila kebijakan pembatasan fisik masih terlampau ketat, persiapan dan latihan menuju kelanjutan Liga 1 pada Oktober nanti akan sangat sulit.

“Kalau masa tanggap darurat Covid-19 tidak diperpanjang dan bisa selesai akhir Juli, Insyaallah bulan Agustus kami [PSS] bisa mulai persiapan,” kata pelatif fisik PSS Sleman Danang Suryadi, Senin (20/7/2020).

Danang Suryadi mengatakan libur kompetisi yang mencapai lima bulan terbilang cukup lama. Para pemain kehilangan waktu untuk berlatih bersama. Tim pelatih pun mengalami kesulitan untuk mengontrol kondisi para pemain secara langsung.

“Kondisi fisik pemain kemungkinan mengalami penurunan, bahkan kondisinya lebih parah dari awal musim. Pada pre-season saja kondisi pemain kira-kira ada di angka 50-70 %,” ungkap laki-laki dengan sapaan akrab Danang itu, Senin (20/7/2020).

Menurut Danang, para pemain PSS Sleman butuh waktu selama delapan pekan untuk bisa kembali bugar. Dua pekan awal digunakan untuk adaptasi yang diisi dengan latihan berintensitas ringan sampai sedang. Enam pekan selanjutnya baru dapat dilakukan program latihan normal.

Kendati begitu, Danang memastikan semua pemain dalam kondisi sehat. Tidak ada pemain yang dibekap cedera maupun gangguan kesehatan lain.

Namun, ia belum dapat memastikan kapan para pemain akan kembali berlatih. Tim pelatih juga belum mengadakan rapat untuk membahas program latihan. Danang masih menanti informasi dari manajemen klub.

Terpisah, Direktur Operasional PSS Sleman, Hempri Suyatna belum dapat memastikan kapan pemain dapat merumput lagi. Kepastian itu bergantung dari keputusan final PT. Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai kelanjutan Liga 1 selama masa pandemi Covid–19.

“Jadi kami masih menunggu keputusan final LIB terkait format, regulasi termasuk protokol operasional dan kesehatan,” katanya ketika dikonfirmasi Harian Jogja, Senin (20/7/2020).

Hempri mengatakan pekan ini manajemen klub akan mengadakan rapat internal terkait persiapan jelang kompetisi. PSS selalu mengimbau kepada para pemain untuk tetap menjaga kondisi fisiknya.