Freiburg Jaga Peluang ke Kompetisi Eropa

Para pemain Freiburg merayakan gol yang dicetak Nils Petersen ke gawang Borussia Monchengladbach. - Bundesliga.com
06 Juni 2020 11:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gol tunggal Nils Petersen membawa kemenangan bagi Freiburg atas tamunya Borussia Monchengladbach dalam pertandingan pembuka matchday ke-30 Bundesliga di Stadion Schwarzwald.

Kemenangan dalam gelaran pada Sabtu (6/6/2020) dini hari WIB itu memelihara harapan tim asuhan Christian Streich untuk finis di slot kompetisi Eropa, setidaknya Liga Europa, kompetisi antarklub Benua Biru level kedua setelah Liga Champions.

Petersen mencetak gol pada menit ke-58 hanya semenit setelah masuk menggantikan Roland Sallai. Penyerang berusia 31 tahun itu menjaringkan gol semata wayang di laga tersebut dengan memaksimalkan umpan tendangan bebas Vincenzo Grifo.

Ini gol ke-24 Petersen yang dihasilkannya sebagai pemain yang masuk dari bangku cadangan dan menjadi rekor tersendiri di Bundesliga, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jerman. Dengan mencetak 10 gol di Bundesliga musim ini, dia juga menjadi top skor Freiburg.

Penderitaan Gladbach bertambah karena 10 menit setelah gol Petersen, penyerang Alassane Plea harus meninggalkan lapangan akibat terkena kartu kuning kedua dari wasit Markus Schmidt setelah melanggar Robin Koch. Plea mendapat kartu kuning pertama pada menit 22.

Sebenarnya Gladbach lebih mendominasi jalannya pertandingan, tetapi penguasaan bola hingga 64,7 persen tidak efektif untuk menjebol gawang tuan rumah yang dikawal Alexander Schwolow, kiper yang tengah dalam incaran klub La Liga Spanyol Sevilla.

Kekalahan ini memperpanjang rekor buruk Gladbach ketika bertandang ke markas Freiburg. Mereka tidak pernah memetik kemenangan di Stadion Schwarzwald sejak 2002 atau 18 tahun silam.

Dengan kemenangan itu, Freiburg kini menempati peringkat kedelapan dengan nilai 41, sedangkan Gladbach, yang ditangani pelatih Marco Rose, tertahan di peringkat keempat klasemen sementara dengan nilai 56, di bawah juara bertahan Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig.

Untuk mengetahui jadwal lengkap pekan ke-30, sila klik di sini. Untuk melihat klasemen Bundesliga hingga matchday ke-29, sila klik di sini.

Sumber : Bisnis Indonesia