Serie A Italia Izinkan Pergantian 5 Pemain, Ini Ketentuannya

Suporter Juventus, pemimpin klasemen sementara Serie A./Reuters - Alessandro Bianchi
06 Juni 2020 10:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Federasi sepak bola Italia Federazione Italiana Giuoco Calcio (FIGC) mengumumkan bahwa klub-klub Serie A akan dapat membuat hingga lima pergantian pemain selama sisa musim ini.

Langkah itu datang sebagai bagian dari keputusan sementara yang baru dikeluarkan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (Football Association Board/IFAB), yang dirancang untuk membantu pihak-pihak melanjutkan musim masing-masing setelah kompetisi dihentikan akibat pandemi corona.

Namun, FIGC menyatakan bahwa pergantian lima pemain harus dilakukan maksimal dalam tiga kesempatan agar tak terlalu mengganggu kelancaran jalannya pertandingan, di luar pergantian pada saat istirahat akhir babak pertama.

Dalam kondisi kedua tim melakukan pergantian pemain pada saat bersamaan, itu dihitung sebagai masing-masing tim sudah memanfaatkan satu dari tiga interval, demikian dilansir Football Italia pada Sabtu (6/6/2020) dini hari WIB.

Namun, khusus untuk pertandingan dengan perpanjangan waktu yang berlaku untuk pertandingan Coppa Italia, setiap tim diberi kesempatan interval keempat.

Keputusan pergantian pemain sebanyak lima kali ini akan diterapkan hingga akhir musim 2019-2020, yang dimulai kembali pada 20 Juni, dan juga berlaku untuk Serie B, kompetisi kasta kedua di Italia.

Pergantian lima pemain ini sudah dijalankan di Bundesliga, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jerman, yang sudah memasuki matchday kelima sejak digulirkan kembali bulan lalu setelah sempat ditangguhkan sejak Maret akibat pandemi corona.

Sumber : Bisnis Indonesia