Pekan ke-29, Dortmund & Gladbach Pesta Gol

Tiga pemain andalan Borussia Monchengladbach (dari kiri ke kanan) Alassane Plea, Ramy Bensebaini, dan Marcus Thuram (kanan). - Bundesliga.com
01 Juni 2020 06:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Borussia Dortmund pesta gol atas Paderborn untuk memelihara asa bersaing menuju podium juara dengan Bayern Munchen, sementara Borussia Monchengladbach juga menang mutlak atas Union Berlin untuk kembali menguasai posisi ketiga klasemen sementara Bundesliga.

Di laga matchday ke-29 kompetisi sepak bola teratas di Jerman itu, Borussia Dortmund menghantam tuan rumah Paderborn dengan skor telak 6 - 1 di Benteler Arena, ditandai dengan hattrick Jadon Malik Sancho.

Dalam pertandingan pada Senin (1/6/2020) dini hari WIB tersebut, Paderborn, yang memerlukan poin penuh untuk keluar dari dasar klasemen, masih mampu mengimbangi serangan Dortmund hingga skor masih tanpa gol hingga turun minum.

Namun, gawang yang dikawal kiper Leopold Zingerle jebol juga ketika babak kedua berjalan 9 menit dengan Thorgan Hazard mencatatkan namanya di papan skor.

Hanya berselang 3 menit kemudian, tim asuhan pelatih asal Swiss Lucien Favre menggandakan keunggulan memalui Jadon Malik Sancho. Pemain berdarah Trinidad-Tobago itu menjebol gawang tuan rumah setelah memaksimalkan assist Julian Brandt.

Paderborn sempat memperkecil ketinggalan pada menit ke-72 setelah Uwe Hunemeier sukses mengeksekusi penalti untuk menjebol gawang yang dikawal kiper Roman Burki.

Namun, gol itu malahan ibarat bumerang karena seolah membangkitkan kemarahan tamu dari Lembah Ruhr yang kemudian menggelontorkan empat gol tambahan melalui Sancho (74’ dan 90’+1) serta Achraf Hakimi (85’) dan Marcel Schmelzer (89’).

Dengan hasil ini, Dortmund bertahan di posisi kedua dengan koleksi 60 angka atau berselisih 7 poin di belakang juara bertahan Bayern Munchen yang menghuni setrip teratas.

Walaupun sulit, setidaknya dengan kemenangan kali ini Dortmund masih memelihara harapan untuk bisa menyalip Bayern Munchen, yang mengalahkannya dalam duel penting penentu akhir klasemen pada matchday ke-28 dengan skor 0 - 1.

Sementara itu bagi Paderborn, kekalahan ini makin menyulitkan tim asuhan Steffen Baumgart untuk keluar dari zona degradasi. Mereka makin terbenam di dasar klasemen dengan nilai 19, berjarak 9 poin dari zona aman.

Di laga lain, Borussia Monchengladbach menaklukkan Union Berlin dengan skor 4 - 1 yang ditandai dengan dua gol dari Marcus Thuram, putra dari legenda bola Lilian Thuram, yang membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 dan runner-up Piala Dunia 2006.

Pesta gol Gladbach dibuka dengan gol Florian Neuhaus pada menit ke-17 dan Marcus Thuran menggandakannya 4 menit menjelang rehat.

Memasuki babak kedua, memasuki menit ke-5, Sebastian Andersson memperkecil ketinggalan tim tamu, tetapi Gladbach melesakkan dua gol lagi lewat aksi Thuram (59’) dan Alassane Plea (81’) untuk mengakhiri laga dengan skor 4 - 1.

Kemenangan ini membhuat Gladbach kembali ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi niali 56, sama dengan Bayer Leerkusen yang sempat menguasai posisi ketiga setelah menang 1 - 0 atas Freibutg dalam pertandingan pembuka matchday ke-29 opada Sabtu (30/5/2020) dini hari WIB.

Gladbach berhak mengisi posisi ketiga berkat keunggulan selisih gol dari Leverkusen yakni 22 berbanding 18.

Sementara itu, kekalahan ini menahan Union Berlin di posisi 14 dengan nilai 31, sekaligus memperpanjang catatan buruk gagal meraih kemenangan dalam nam pertandingan terakhir di liga.

Sumber : Bisnis Indonesia