Advertisement

Preview Dortmund Vs Schalke: Derbi Panas di Tengah Pandemi

Chrisna Chaniscara
Jum'at, 15 Mei 2020 - 23:17 WIB
Budi Cahyana
Preview Dortmund Vs Schalke: Derbi Panas di Tengah Pandemi Bek Borussia Dortmund Mats Hummels - Instagram bvb09

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kembalinya Bundesliga setelah ditangguhkan akibat pandemi Covid-19 diwarnai salah satu duel terpanas. Tak tanggung-tanggung, duel bertajuk Derbi Ruhr antara Borussia Dortmund melawan Schalke bakal tersaji di Signal Iduna Park, Sabtu (16/5/2020) malam WIB.

Dikenal sebagai “mother of all derbies”, laga dua klub tradisional di Jerman itu jelas bakal langsung meningkatkan tensi Bundesliga setelah ditangguhkan sejak Maret karena pandemi Covid-19. Pelarangan penonton untuk memasuki stadion pun diyakini tak akan mengurangi gengsi duel antara Dortmund versus Schalke. Dortmund sendiri berambisi mengejar ketertinggalam empat poin dari pemuncak klasemen Bayern Munchen. Sedangkan Schalke tengah membidik kompetisi Eropa.

Advertisement

Tren performa kedua tim sebelum liga berhenti sangat bertolak belakang. Ketika Dortmund memborong tujuh kemenangan dalam delapan partai pertama pada paruh kedua musim, Schalke justru melewati tujuh pertandingan terkini tanpa sekali pun meraup poin penuh. Meski memiliki tren dan peringkat lebih baik, Die Borussen diyakini tak bakal menang mudah dalam Revierderby, julukan lain laga Dortmund menghadapi Schalke.

Schalke mengantongi rekor sedikit lebih baik atas Dortmund dalam delapan pertemuan ke belakang dengan dua kemenangan berbanding satu. Lima duel lain tuntas sama kuat. Pertemuan terakhir di Signal Iduna bahkan berakhir kemenangan Schalke dengan skor 4-2. Hal itu masih ditambah kedua tim harus beradaptasi lagi setelah libur selama dua bulan lebih. “Ini sama seperti kita kembali belajar hal dasar. Kami harus siap karena semua akan dimulai lagi di hari Sabtu nanti. Tidak ada suasana kandang dan tandang sampai musim berakhir. Hanya tim yang bisa menerima keadaan yang akan bisa mendapatkan hasil terbaik,” ujar winger Dortmund, Julian Brandt, dilansir Bundesliga, Jumat (15/5).

Tuan rumah sendiri harus kehilangan tiga pilarnya yakni kapten Marco Reus dan duo gelandang, Axel Witsel dan Emre Can. Sedangkan tim asuhan David Wagner mendapat kabar positif dengan kembalinya duet stoper Benjamin Stambouli dan Salif Sane. Pelatih Dortmund, Lucien Favre, menilai mental pemain bakal ikut menentukan hasil derbi. Apalagi Jadon Sancho dkk. harus bermain tanpa pendukung fanatiknya. “Laga tanpa penonton benar-benar berbeda dan kami harus bersiap. Ini masalah mental.”

Gelandang Schalke, Daniel Caligiuri, berharap timnya mampu merubah arah angin seusai vakumnya kompetisi. “Setidaknya kami ingin mempertahankan posisi kami di papan klasemen. Kami ingin meraih kemenangan demi target kami sendiri, bukan untuk mengacaukan kans mereka meraih gelar juara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement