Baru di Liga Jerman, Per Pertandingan Boleh 5 Kali Ganti

Penyerang sayap Borussia Dortmund Jadon Malik Sancho - Reuters/Leon Kuegeler
15 Mei 2020 09:07 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bundesliga menegaskan akan melakukan  lima pergantian pemain untuk sisa musim 2019-20, yang dilanjutkan pada Sabtu (16/5) nanti. 

Liga Jerman adalah salah satu Liga top Eropa yang pertama kembali bertanding setelah istirahat dua bulan akibat pandemi global virus Corona.

Semua liga akan mengikuti cara Bundesliga untuk menjalankan semua protokol medis, meskipun Serie A akan menjalankan beberapa cara yang berbeda.

Liga Italia akan meminta seluruh regu dan staf harus dikarantina selama 15 hari jika ada pemain positif tes virus Corona, sedangkan di Jerman hanya yang terdampak.

Namun, protokol yang dijalankan di Liga Jerman tidak sepenuhnya benar, karena masalah tersebut akhirnya diputuskan oleh otoritas kesehatan setempat di Jerman, yang mengkarantina seluruh tim Dynamo Dresden ketika dua pemain dinyatakan positif pekan lalu.

Dalam pernyataan mereka sore ini, Bundesliga mengkonfirmasi mereka akan mengikuti anjuran IFAB dan memberi klub kesempatan untuk membuat lima pergantian pemain dari tiga yang biasa.

Tujuan pergantian pemain ini akan membantu mengurangi cedera saat bermain setiap tiga hari di puncak musim panas.

Perubahan lain adalah pertandingan dapat dipindahkan dalam waktu singkat ke tempat-tempat netral jika ada lonjakan kasus virus Corona di sekitar area atau direkomendasikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Tujuan dilanjutkan Liga Jerman adalah untuk menyelesaikan  pertandingan, menentukan pemenang gelar, degradasi dan promosi, tetapi jika musim terpaksa berhenti lebih awal, rencana yang lebih rinci akan diputuskan selama beberapa minggu ke depan.

Sumber : Football Italia