Krisis karena Covid-19, FIFA Tiadakan Pemilihan Pemain Terbaik Dunia 2020

Lionel Messi, pemain terbaik dunia 2019. - Reuters/Albert Gea
14 Mei 2020 22:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – FIFA meniadakan pemberian penghargaan sepak bola terbaik 2020 karena pandemi Covid-19. Namun, federasi sepak bola global ini akan mengevaluasi beberapa alternatif lain untuk mengapresiasi para pemain dengan penampilan apik tahun ini.

Sedianya upacara penghargaan untuk insan terbaik di dunia sepak bola tahun ini digelar di Milan, Italia, pada 21 September, dibatalkan.

Namun, pandemi Covid-19 telah membatalkan banyak kompetisi di seluruh dunia dan FIFA sekarang memutuskan untuk menghentikan acara perayaan tahunan di tengah krisis yang sedang berlangsung.

"Penghargaan yang semula dijadwalkan 21 September di Milan, tidak akan dilaksanakan dan FIFA sedang mempertimbangkan beberapa alternatif," bunyi pernyataan organisasi yang berpusat di Swiss itu pada Kamis (14/5/2020).

Bintang Barcelona dan Timnas Argentina Lionel Messi merupakan pemain terbaik 2019, dengan posisi kedua diikuti bek Liverpool dan Timnas Belanda Virgil van Dijk dan ketiga penyerang Juventus dan Timnas Portugal Cristiano Ronaldo.

Adapun Alisson Becker, kiper Liverpool dan Timnas Brasil, terpilih sebagai penjaga gawang terbaik, diikuti Marc-Andre ter Stegen (Barcelona/Timnas Jerman) dan Ederson Moraes (Manchester City/Timnas Brasil).

Sebagai pelatih terbaik, terpilih Jurgen Klopp (Liverpool), diikuti oleh Pep Guardiola (Manchester City) dan Mauricio Pochettino (Tottenha Hotspur).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia