Baru 3 Klub Serie A Bisa Penuhi Protokol Medis Covid-19

Aaron Ramsey dan Cristiano Ronaldo
26 April 2020 11:37 WIB Hafiyyan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kendati Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) akan membuka kembali latihan tim Serie A, baru tiga klub yang menyetujui protokol medis Covid-19.

Menurut surat kabar Italia, Corriere della Sera, hanya 3 dari 20 klub Serie A - Juventus, Lazio dan Genoa - telah menyetujui protokol medis untuk kembali berlatih di tengah pandemi Covid-19.

Sepak bola di Italia telah ditutup selama enam minggu. Di sisi lain, langkah-langkah penguncian pemerintah rencananya akan dikurangi sejak 4 Mei 2020, termasuk kembali ke pelatihan dengan menerapkan jarak sosial.

Namun, protokol Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) untuk memastikan keamanan pemain belum sepenuhnya diterima, dengan surat kabar Corriere della Sera mengklaim hanya 3 dari 20 klub dan staf medis mereka telah menyetujui sistem tersebut.

Hanya Juventus, Lazio dan Genoa yang merasa mereka siap untuk pergi dengan protokol sebagaimana adanya, sedangkan 17 klub lainnya menunjukkan masalah yang perlu diselesaikan.

Dilaporkan ada 20 poin untuk dipertimbangkan, sebagian besar di sekitar logistik, organisasi, dan kepraktisan protokol.

Perlu ada pengujian terus-menerus, baik pemeriksaan usap dan tes darah, pelatihan dalam kelompok-kelompok kecil dengan hanya tiga ruang ganti sekaligus, ruang mandi di kamar masing-masing, desinfektan pada permukaan, dan memastikan area aerasi.

Klub-klub pada dasarnya perlu mendirikan kamp pelatihan pramusim, dan memisahkan para pemain dan staf dari keluarga, agar mereka tetap berada di kompleks selama berminggu-minggu.

Sumber : Bisnis Indonesia