UEFA Setujui Usulan RFEF, Atletico Tak Bisa ke Liga Champions

Atletico Madrid saat tampil juara Liga Europa 2 tahun lalu. - Reuters
24 April 2020 12:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Union of European Footbll Associations (UEFA) menyetujui proposal dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tentang cara penetapan tim-tim yang lolos ke Liga Champions dan Liga Europa jika La Liga gagal diteruskan. Dengan demikian, Atletico Madrid gagal ke Liga Champions musim depan.

Menurut Diario AS yang dikutip Football Espana ada Kamis (23/4/2020), ada kekhawatiran yang berkembang bahwa musim 2019-2020 tidak akan selesai karena suspensi kompetisi yang tidak terbatas di Spanyol akibat pandemi corona.

Laporan itu menyatakan bahwa sementara niat UEFA masih untuk menyelesaikan semua liga utama di Eropa, proposal RFEF itu akan mengambil keputusan yang 'objektif, transparan, dan tidak diskriminatif'.

Usulan RFEF pekan lalu, sebagaimana ditulis Marca dan Cadena Cope, dalam hal musim tidak selesai, liga tidak akan disebut batal atau tidak berlaku dengan tempat-tempat Eropa untuk musim depan diputuskan berdasarkan sisi apa yang saat ini menduduki posisi tersebut.

Jadi, empat tempat Liga Champions akan menjadi milik empat tim teratas klasemen sementaa saat ini di La Liga yakni Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad.

Itu berarti Atletico Madrid hanya akan bermain di Liga Eropa bersama Getafe walaupun sebenarnya kedua tim tersebut berpeluang cukup besar finis di empat besar jika kompetisi dilanjutkan hingga selesai.

Getafe di peringkat kelima memiliki poin, bahkan selisih gol yang sama dengan Real Sociedad yang berada di posisi keempat. Sociedad hanya unggul jumlah gol memasukkan dengan catatan unik Getafe menang di markas Sociedad 2 - 1 dan pertemuan kedua di markas Getafe belum digelar.

Aturan main di La Luga sebenarnya adalah jika dua tim mempunyai poin yang sama, posisi di klasemen ditentukan berdasarkan hasil head to head. Namun, dengan kondisi sekarang yang baru satu pertemuan, hasil head to head belum diberlakukan sebagai penentu posisi di klasemen meski Getafe menang tandang.

Athletic Club Bilbao juga akan dihargai dengan slot Liga Europa karena partisipasi mereka dalam final Copa del Rey musim ini, karena lawan mereka Real Sociedad sudah dijamin masuk Liga Champions Eropa karena kriteria di atas.

Namun, jika final Copa dimainkan dan Athletic Bilbao kalah, mereka tidak akan diberikan tempat di Liga Europa dan sebaliknya Valencia yang saat ini berada di urutan ketujuh yang akan mengambil tempat Liga Europa.

Sumber : Bisnis Indonesia