Barca, Madrid dan Klub Lain Bakal Rugi Rp17 Triliun

Suporter Barcelona. Klub kesayangan mereka tengah memimpin klasemen sementara La Liga Spanyol. - Reuters/Paul Hanna
04 April 2020 07:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Klub-klub La Liga Spanyol terancam merugi hingga 957 juta euro (Rp17,25 triliun) jika musim 2019 – 2020 dibatalkan.

Kompetisi sepak bola domestik di Spanyol itu ditangguhkan tanpa batas waktu di tengah pandemi COVID 19, dengan Union of European Football Associations (UEFA) juga mengonfirmasi penundaan semua kompetisi Eropa.

Menurut laporan Marca yang dikutip Football Espana pada Jumat (3/4/2020) WIB, perkiraan awal kerugian 648 juta euro bisa membengkak jika Liga Champions dan Liga Eropa dibatalkan.

Penghentian semua kompetisi akan menjadi prospek yang paling merusak klub-klub secara finansial, tetapi laporan itu menyatakan jumlah tersebut akan berkurang secara signifikan jika kompetisi berputar kembali.

Perkiraan berkisar dari kerugian sebesar 303,4 juta euro jika musim diselesaikan dengan rangkaian pertandingan tanpa penonton, hingga 156,4 juta euro jika digelar dengan menghadirkan penggemar.

La Liga dilaporkan dalam negosiasi dengan asosiasi para pesepak bola Spanyol Asociación de Futbolistas Españoles (AFE), dengan pengajuan proposal untuk pemotongan gaji untuk menekan dampak finansial. Barcelona dan Atletico Madrid telah mengumumkan pengurangan gaji pemain sebesar 70 persen.

Sumber : Bisnis Indonesia