PSS Sleman Kalah 1-2 dari Persib, Dejan: Kami Kekurangan Power

Kapten PSS Bagus Nirwanto (kanan) berduel dengan striker Persib Geoffrey Castillion. - Antara/M. Agung Rajasa
15 Maret 2020 22:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANDUNG - Pelatih PSS Sleman Dejan Antonic mengaku sedih setelah timnya takluk 1-2 dari tuan rumah Persib pada pekan ketiga Liga 1 2020 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (15/3/2020) malam.

“Saya sedih dengan kekalahan ini. Saya pikir permainan kami di babak pertama dan kedua jauh berbeda. Utamanya, setelah kami kemasukan dua gol, dan membuat pemain gugup,” kata Dejan seusai pertandingan.

Eks pelatih Borneo FC dan Madura United ini mengungkapkan jika tidak gugup, para pemain PSS bisa mengimbangi permainan Persib. Sebab, Maung Bandung lebih banyak memainkan umpan panjang. “Dan kami mencoba untuk main lebih cepat,” ujarpelatih asal Serbia ini.

Menurut Dejan, penampilan timnya cukup baik di babak kedua. Hal ini diperlihatkan dengan penguasan bola yang lebih baik dari Persib. Berdasarkan data statistik, 74% penguasaan bola di babak kedua berada di kaki PSS, begitu juga dengan frekuensi tendangan bebas yang mencapai 16 kali. 

Statistik ini jauh berbeda dengan babak pertamaPersib lebih dominan dalam penguasaan bola hingga 66%, begitu juga dengan tendangan sudut, dan serangan yang didominasi tim Maung Bandung.

“Saya coba sistem dan kami main lebih cepat lebih menyerang. Sayangnya, kami tidak banyak punya power sehingga gagal mencetak gol penyama,” ucap Dejan.

“Yang pasti, saya senang karna kerja sama anak-anak mulai bagus. Semoga saja kita bisa mendapatkan poin di pertandingan lainnya.” 

Bagi Dejan, kegagalan meraih kemenangan atas Persib kali ini adalah kegagalan keempat.

Sejak meninggalkan Bandung, Dejan Antonic sudah tiga kali menghadapi Persib Bandung dengan dua tim berbeda. Pada musim 2018, Dejan menukangi Borneo FC. Bersama tim Pesut Etam, Dejan menelan dua kekalahan dari Persib Bandung, tandang pun kandang.

Borneo FC kalah 1-3 dari tuan rumah Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 24 April 2018. Tiga gol Persib saat itu berasal dari brace Ezechiel N Douassel dan sebiji gol Jonathan Bauman. Adapun satu gol Borneo FC dicetak oleh Titus Bonai.

Alih-alih membalas kekalahan di putaran pertama, Borneo FC kembali menelan kekalahan 0-1 saat menjamu Persib 17 September 2018. Satu gol Persib dicetak oleh Gozali Siregar.

Pertemuan ketiga Dejan dengan Persib terjadi saat menukangi Madura United pada 2019. Kali ini, Dejan mampu meraih hasil imbang 1-1 dari Persib di Stadion Si Jalak Harupat, 23 Juni 2019. Saat itu gol Persib dicetak oleh Ezechiel N Douassel dan sebiji gol Madura United dicetak oleh Zulfiandi.