Tinggal 2 Kemenangan Lagi, Liverpool Akan Akhiri 30 Tahun Puasa Gelar di Liga Inggris

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp - Instagram Liverpoolfc
09 Maret 2020 17:27 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Hanya insiden luar biasa yang akan menggagalkan Liverpool menjuarai Liga Premier Inggris musim ini. The Reds tinggal butuh dua kemenangan lagi untuk menggenggam trofi yang terakhir kali mereka dapatkan 30 tahun lalu, saat Liga Premier masih bernama Divisi I Liga Inggris.

Keberhasilan Liverpool kian dekat setelah rival terdekat mereka, Manchester City, takluk saat menghadapi Manchester United di Old Trafford, Minggu (8/3/2020). City kalah 0-2 gara-gara gol Anthony Martial dan Scott McTominay.

Kekalahan itu membuat City kian tertinggal dari Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris. Sehari sebelumnya, Liverpool baru saja mengalahkan Bournemouth dengan skor tipis 2-1. Mereka tertinggal dulu lewat gol Wilson, sebelum akhirnya membalikkan kedudukan berkat gol Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Liverpool pun kukuh di puncak klasemen Liga Inggris sementara dengan koleksi 82 poin dari 29 laga yang sudah dijalani. Sementara City berada di posisi kedua dengan raihan 57 poin dari 28 laga. Liverpool cuma butuh enam poin tambahan agar tak terkejar oleh City lagi.

Enam poin itu bisa didapatkan jika memenangi dua pertandingan. Liverpool juara Liga Inggris pun bisa terwujud andai pasukan Jurgen Klopp mencuri dua kemenangan dari sembilan laga tersisa. Dua laga selanjutnya Liverpool adalah melawan Everton (16/3/2020), dan Crystal Palace (21/3/2020).

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp sendiri enggan jemawa meski timnya sudah dekat dengan gelar juara Liga Inggris. “Kami harus terus menang dan harus siap,” katanya seperti dikutip dari BBC beberapa waktu lalu.

Liverpool sebenarnya bisa mengunci gelar juara Liga Inggris lebih cepat andai tak kalah dari Watford pekan lalu. Mereka takluk dengan skor 0-3 di kandang The Hornets. Kekalahan itu cukup mengejutkan mengingat Watford berada di zona degradasi.

Kekalahan itu juga sempat membuat khawatir para pendukung Liverpool. Pasalnya, mereka kalah kembali di ajang Piala FA melawan Chelsea setelah sebelumnya dibekuk Atletico Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions.

Deretan kekalahan itu membuat Liverpool gagal mencetak rekor baru. Mereka tak bisa menyamai rekor Arsenal yakni tak terkalahkan sepanjang musim. Kemudian gagal menjadi klub Inggris yang meraih treble winners seperti Manchester United.

Sumber : JIBI/Solopos