Alasan Zah Rahan Gabung PSS Sleman: PSS Tim Favorit

Zah Rahan (kiri). - Harian Jogja/Jumali
05 Maret 2020 17:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Gelandang asal Liberia, Zah Rahan mengaku telah lama melihat dan mempelajari PSS Sleman sehingga memutuskan bergabung dengan Super Elang Jawa di Liga 1 2020.

“Aku sudah lihat tim ini main musim kemarin. Bagiku tim ini aku favoritkan, dan aku mau kerja keras untuk PSS Sleman,” kata Zah Rahan, seusai latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Kamis (5/3/2020).

Zah Rahan telah resmi menjadi pemain PSS Sleman setelah menandatangani kontrak semusim pada Rabu (4/3/2020) malam.

Gelandang asal Liberia ini menyatakan tidak kesulitan beradaptasi dengan tim, meski baru dua hari bergabung dengan Bagus Nirwanto dan kawan-kawan.

“Enggak ada masalah di sini dan tidak ada kesulitan adaptasi. Aku di sini enjoy. Latihan juga sangat baik,” terang Zah Rahan.

Zah Rahan sudah sembuh dari cedera yang dialaminya saat di Madura United. Mantan pemain Persipura ini menyatakan siap memberikan penampilan terbaik, termasuk jika diturunkan saat melawan PS Tira-Persikabo, Minggu (8/3/2020) malam.

“Sekarang memang baru 90 persen dan belum 100 persen, karena aku masih cari kondisi. Sekarang aku cari tempat fitnes untuk meningkatkan fisik saat game saja,” ucap Zah Rahan.

CEO PT Putra Sleman Sembada Fatih Chabanto menyatakan Zah Rahan sudah didaftarkan sebagai pemain PSS dan siap untuk diturunkan saat melawan Tira-Kabo.

"Mudah-mudahan. Sudah kami daftarkan juga [kepada PT Liga Indonesia Baru]," kata Fatih.

Dengan bergabungnya Zah Rahan, saat ini PSS punya empat pemain non-Asia. Sebelumnya, manajemen telah mengikat Yevhen Bokhasvhili, Guilherme Batata dan Alfonso de La Cruz.

Sesuai regulasi, PSS hanya boleh mendaftarkan tiga pemain asing non-Asia. Artinya, PSS harus mencoret salah satu dari mereka.

Alfonso sejatinya telah dikontrak oleh manajemen PSS Sleman pada Oktober lalu. Alfonso dan Batata bersepakat untuk memperpanjang kontrak dengan manajemen PSS menjelang Liga 1 2020.

Namun, perpindahan saham dari Komisaris PT PSS Soekeno ke PT Palladium Pratama Cemerlang membawa dampak yang besar bagi Alfonso dan PSS. Sejauh ini, jika mengacu pada rilis media sosial Instagram klub, Alfonso tidak masuk dalam daftar 29 pemain PSS Sleman.

Fatih enggan berkomentar terkait persoalan Alfonso. Begitu juga saat dikonfirmasi terkait kemungkinan adanya pertemuan antara Alfonso dengan manajemen PSS untuk membicarakan nasib bek asal Spanyol tersebut.