Lawan Derby, Solskjaer Waspadai Efek Rooney

Wayne Rooney - Reuters/Gonzalo Fuentes
04 Maret 2020 17:02 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Laga Piala FA antara Derby County vs Manchester United pada Jumat (6/3/2020) akan dihiasi dengan kehadiran Wayne Rooney. Manajer Ole Gunnar Solskjaer tampaknya harus mewaspadai efek yang dihadirkan Rooney sejak dibeli dari klub Amerika DC United pada Januari lalu.

Kehadiran Wayne Rooney di kubu Derby tampak sangat positif. Meskipun baru mencetak 3 gol dari 11 laga, Rooney terbukti mampu meningkatkan rasio kemenangan Derby di Divisi Championship Liga Inggris.

Rooney mampu membawa 5 kemenangan bagi Derby dari 11 laga tersebut. Artinya, persentase kemenangan Derby nyaris 50 persen sejak awal tahun ini. Padahal, sebelum kedatangan Rooney, Derby hanya mengantongi tujuh kemenangan dari 25 laga atau hanya memiliki presentase kemenangan sekitar 30 persen saja.

 Produktivitas anak asuh Philip Cocu juga naik drastis. Dari 11 laga sejak awal tahun, Derby County berhasil mencetak 22 gol dari 11 laga atau 2 gol per laga. Sementara sebelum kehadiran Rooney, Derby hanya mampu mencetak 24 gol dari 25 laga atau kurang dari satu gol per laga.

Cocu sendiri mengakui peran Rooney. Menurut dia, Rooney yang juga berperan sebagai pelatih kerap terlibat dalam pematangan strategi permainan timnya.

"Dia bergabung dengan staf teknis dalam persiapan untuk pertandingan, untuk menganalisa lawan, memilih video pertandingan yang ingin kami pelajari," kata Cocu.

"Saya selalu menanyakan pendapat dia, tak hanya untuk laga ini karena jelas dia tahu banyak klub di sini dengan sangat baik, tetapi saya kira begitulah cara kami bekerja."

"Dia adalah pemain yang sangat penting karena dia terus ingin bermain, tetapi juga terlibat dalam pematangan taktik dan bagaimana kami harus menghadapi sebuah pertandingan. Jadi, ya, kami akan menggunakan itu untuk laga ini dan kami tak akan mengubahnya," ujar pria asal Belanda tersebut.

Laga Piala FA antara Derby County vs Manchester United akan berlangsung pada Jumat dini hari pukul 03.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh RCTI dan beIN Sports 1.

Sumber : Bisnis Indonesia