Presiden Inter Kritik Cara Liga Italia Hadapi Virus Corona

Presiden Inter Milan Steven Zhang - Inter.it
03 Maret 2020 22:57 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sejumlah pertandingan Serie A Liga Italia terpaksa ditunda sebagai dampak eskalasi penyebaran virus Corona dalam sepekan terakhir.

Salah satu yang terpaksa ditunda adalah pertandingan antara Inter Milan dan Juventus. Pertandingan krusial dalam perebutan gelar Liga Italia itu awalnya dijadwalkan dilakoni secara tertutup pada 29 Februari 2020. Namun, jadwal itu kemudian dibatalkan dan direncanakan berlangsung pada  Senin 9 Maret 2020 malam waktu setempat.

Keputusan tersebut ternyata tidak mendapatkan respon baik dari Inter Milan. Presiden Inter Milan Steven Zhang melontarkan kritik keras kepada presiden Serie A Liga Italia Paolo Dal Pino terkait cara menangani krisis virus corona yang mempengaruhi sepak bola Italia.

"Bermain-main dengan kalender dan selalu menempatkan kesehatan masyarakat sebagai pertimbangan sekunder,“ ujar Zhang dalam akun Instagram-nya yang dikutip Goal pada Selasa (3/3/2020).

"Bagaimana kalau kita tidak melindungi para pemain atau pelatih kita dan meminta mereka bermain untuk Anda sepekan penuh tanpa henti?"

"Ya, saya berbicara kepada Anda. Presiden liga kami Paolo Dal Pino. Tidak tahu malu. Saatnya untuk berdiri dan bertanggung jawab! Inilah yang kami lakukan pada tahun 2020!“ tegas Zhang.

Pemerintah Italia, pada Minggu (1/3/2020), memutuskan untuk memperpanjang penangguhan seluruh acara olahraga di daerah yang terkena virus corona hingga 8 Maret.

Serie A membentuk sebuah dewan darurat untuk memeriksa konsekuensi tindakan pemerintah terkait dengan virus corona dalam jadwal pertandingan.

Selain kekhawatiran terkait penyebaran wabah virus corona, ada kekhawatiran tentang efek fisik dan psikologis para pemain bila jadwal pertandingan menumpuk di akhir musim.

Semua kompetisi sepak bola elite di musim 2019-2020 juga harus selesai pada 24 Mei karena Piala Eropa 2020 dimulai tidak lama kemudian.

Sumber : Antara