PSM Makassar Bekuk PSS Sleman 2-1

Poster PSM versus PSS. - Instagram PSSleman
01 Maret 2020 20:32 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR - PSS Sleman gagal memetik poin di pekan perdana Liga 1 2020. Super Elang Jawa tumbang 1-2 di tangan sahibulbait PSM Makassar pada laga di Stadion Andi Matalatta, Minggu (1/3/2020) malam.

Dua gol PSM dicetak oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-39 dan Husein Eldor di menit ke-59. Adapun sebiji gol PSS dicetak Yevhen Bokhasvhili melalui titik putih di menit ke-73. Sejak awal babak pertama, PSM lebih banyak menekan. Namun beberapa kali usaha PSM memanfaatkan kecepatan Asnawi Mangkulam masih dipatahkan oleh barisanbelakang PSS. Begitu juga dengan peluang emas dari Ferdinand Sinaga di menit ke-4 yang masih digagalkan Bagus Nirwanto.

Sementara meski tampil tertekan, beberapa kali PSS berusaha memberikan tekanan melalui Bagus Niwanto. Namun, Super Elang Jawa belum mampu membongkar barisan pertahanan PSM. Begitu juga peluang melalui tendangan bebas Irfan Bachdim di menit ke-10 yang masih mampu diamankan oleh penjaga gawang PSM.

Sebaliknya PSS terus berusaha menghentikan Pluim dan Giancarlo, yang menjadi motor serangan PSM. Namun, strategi tersebut tidak sepenuhnya berhasil. Puncaknya, PSM membuka keunggulan 1-0 melalui tendangan Ferdinand Sinaga pada menit ke-39.

Ferdinand yang melepaskan eksekusi tendangan bebas langsung mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Ega Rizky. Skor 1-0 untuk keunggulan PSM. Masuk babak kedua, PSM langsung tampil menekan. Namun, beberapa kali serangan PSM melalui pemain sayap berhasil digagalkan oleh lini belakang PSS.

PSS bukan tanpa peluang. PSS punya peluang manis di menit ke-53 melalui Irfan Bachdim. Sayang, bola tendangan Bachdim memanfaatkan umpan Yevhen masih mengenai kiper Hilman kiper PSM.

Keasyikan menekan, petaka terjadi di gawang PSS di menit ke-59. PSM berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui tandukan kepala Husein Eldor.

Husein yang berhasil lepas dari duel udara berhasil menanduk bola yang dilepaskan oleh Ferdinand Sinaga dan menempatkannya tepat di pojok kiri gawang Ega Rizky. Skor 2-0 untuk keunggulan PSM.

Tertinggal 2-0 membuat PSS tampil menekan. Namun, usaha PSS untuk memperkecil ketertinggalan baru berhasil di menit ke-73, melalui tendangan penalti Yevhen Bokhasvhili. Leo Guntara dianggap mengontrol bola menggunakan lengannya dan wasit langsung menunjuk titik putih. Yevhen yang didapuk mengeksekusi tendangan penalti berhasil menempatkan bola tepat di sisi yang tidak bisa dijangkau oleh Hilman Syah, kiper PSM.

Skor 2-1 sendiri bertahan hingga peluit akhir ditiup oleh wasit Moch Adung dari Jakarta. Atas hasil ini, PSS harus puas berada di peringkat ke-15. Adapun raihan tiga poin dari PSS membuat PSM berada diperingkat ke-5 klasemen sementara.