10 Calon Stadion Termegah Dunia, Satu Ada di Jakarta

Santiago Bernabeu - Twitter
23 Februari 2020 17:57 WIB Aprianus Doni Tolok Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Saat ini ada banyak stadion yang sedang dibangun dan juga tengah direnovasi di berbagai belahan dunia. Fasilitas baru itu dibangun dengan model terbaru dan kapasitas lebih besar serta dipandang sangat cocok untuk era modern.

Dilansir Daily Mail, Sabtu (22/2/2020), setidaknya ada 10 stadion baru yang masih dalam tahap pembangunan atau renovasi. Stadion-stadion ini akan sangat berpotensi untuk menjadi 'Theatre of Dreams' baru di jagat sepak bola. Berikut daftarnya:

1. Miami Freedom Park

Stadion ini dikembangkan sebagai markas bagi klub sepak bola di Amerika Serikat, Inter Miami, yang sepenuhnya dimiliki oleh mantan pesepakbola Inggris, David Beckham.

Tidak hanya stadion, di kawasan ini juga akan dibangun hotel dengan 750 kamar. Luas total kawasannya mencapai 23 hektare meliputi lapangan sepakbola publik dan taman umum.

Dengan nilai investasi sekitar 766 juta poundsterling atau setara Rp13 triliun, fasilitas ini ditargetkan beroperasi pada 2022.

Jakarta International Stadium - stadiumdb.com

Jakarta International Stadium - stadiumdb.com

2. Lusail Iconic Stadium 

Pembangunan stadion Tim Nasional Qatar ini menghabiskan investasi hingga 579 juta pounds atau sekitar Rp10 triliun. Fasilitas ini diperkirakan rampung tahun 2020.

Stadion berkapasitas 80.000 penonton ini dipersiapkan untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun, setelah perhelatan akbar tersebut, kapasitas stadion akan dikurangi setengahnya dan dijadikan kawasan publik.

Lusail Iconic Stadium - en.as.com

Lusail Iconic Stadium - en.as.com

3. Bramley-Moore Dock Stadium

Stadion yang akan menjadi markas klub Inggris Everton berkapasitas 52.000 penonton.

Diperkirakan, stadion yang memiliki nilai investasi sekitar 500 juta pounds ini mulai bisa digunakan pada 2023 atau 2024.

Berlokasi di Goodison Park Everton, bangunan dan penataan lokasi di sekitarnya juga akan digarap serius. Jika ditotal, investasi yang digelontorkan untuk keseluruhan pembangunan hampir menyentuh 800 juta pounds.

Bramley-Moore Dock Stadium - PA

Bramley-Moore Dock Stadium - PA.

4. Pengembangam Stadion Nou Camp

Stadion klub raksasa Spanyol Barcelona akan dikembangkan dengan total investasi 540 juta pounds atau setara Rp9.5 triliun.

Dengan peningkatan kapasitas stadion menjadi 105.000 penonton dari sebelumnya 99.000 penonton, pengembangan stadion ini diprediksi tuntas pada 2024.

Nou Camp - EPA

Nou Camp - EPA.

5. Pengembangan Stadion Santiago Bernabeu

Rival abadi Barcelona, Real Madrid juga akan merenovasi stadionnya. Bukan peningkatan kapasitas, ketinggian Bernabeu akan ditambah 10 meter. Selain itu, di sana juga akan dibangun tribun di sisi timur.

Pengembangan stadion ini memakan biaya hingga 450 juta pounds dan akan tuntas pada 2022.

The future Santiago Bernabéu - Real Madrid

The future Santiago Bernabéu - Real Madrid.

6. Stadion Feyenoord

Bertolak ke Negeri Kincir Angin, klub Feyenoord akan memiliki stadion baru dengan kapasitas 60.000 penonton.

Stadion itu akan dibangun dengan bentuk menyerupai mangkuk atau De Kuip dan diprediksi rampung pada 2025 dengan investasi 415 juta pounds.

New Feynoord stadium - Oma.eu

New Feynoord stadium - Oma.eu.

7. Stadion Della Roma

Stadion yang akan menjadi markas klub AS Roma ini dikabarkan akan menggabungkan unsur-unsur landmark paling terkenal di Roma yakni Colosseum.

Dengan kapasitas 52.500 penonton, investasi pembangunan stadion ini diprediksi mencapai 830 juta pounds atau setara Rp14 triliun.

Sayangnya, pembangunan stadion klub rival SS Lazio ini mengalami banyak kendala sehingga belum bisa diprediksi waktu penyelesaiannya.

Stadion Della Roma - Twitter AS Roma

Stadion Della Roma - Twitter AS Roma.

8. Stadion San Siro

Klub lain Italia yang akan memiliki stadion baru adalah AC Milan dan Inter Milan. Rencananya, stadion baru tersebut akan dibangun tepat di samping stadion lama.

Dengan kapasitas 60.000 penonton, stadion baru tersebut disebut memakan investasi mencapai 600 juta pounds dan akan selesai pada 2023.

Namun, hingga saat ini masih belum ditentukan kepastian desain stadion dari dua pilihan desain yakni The Cathedral dan The Rings of Milano.

New San Siro - Twitter AC Milan

New San Siro - Twitter AC Milan.

9. Grand Stade de Casablanca

Stadion yang akan menjadi markas tim nasional Maroko diperkirakan mampu menampung hingga 95.000 penonton.

Dengan investasi mencapai 459 juta pounds, pembangunan stadion ini ditargetkan tuntas pada 2025.

Stadion ini pun menjadi modal kuat Maroko untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Grand Stade de Cassablanca - Twitter Marocco 2026

Grand Stade de Cassablanca -Twitter Marocco 2026.

10. Stadion International Jakarta

Stadion International Jakarta melengkapi daftar 10 stadion termegah yang sedang dibangun menurut media Inggris, Daily Mail.

Jakarta International Stadium (JIS) atau juga dikenal sebagai Stadion BMW akan dibangun di kawasan Sarana Rekreasi Olahraga (SRO) RT 10 RW 08, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lokasi itu dikenal bernama Taman BMW.

Pembangunan stadion yang akan menjadi markas klub Persija Jakarta diketahui menyedot investasi Rp4,54 triliun dan ditargetkan rampung pada 2021 plus treatment satu tahun, sehingga mulai aktif pada Q4 2022 ini.

Jakarta International Stadium - BeritaJakarta.id.

Jakarta International Stadium - BeritaJakarta.id.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia