Aturan Pemain Timnas U-16: Hanya Boleh Pegang Ponsel 4 Jam Sehari, Telat Latihan Denda Rp50.000

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti memberikan pengarahan kepada pemain. - Harian Jogja/Jumali
19 Februari 2020 16:07 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Aturan ketat diberlakukan Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti kepada anak asuhnya dalam rangkaian pemusatan latihan di Lapangan Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman. Para pemain hanya diberi waktu memegang gawai selama empat jam selama sehari.

“Ya, kami terapkan aturan ketat, ya. Kami sengaja ambil hotel agak jauh. Karena fasilitas dan transportasi serta lapangan lebih dekat, kami buat aturan. Terlambat datang, terlambat meeting [ikut pertemuan] kami kenakan denda  Rp50.000 karena mereka kan sudah ada uang saku,” kata Bima Sakti, Rabu (19/2/2020).

“No HP juga. Kalau mereka main HP kami kenakan [denda] Rp50.000. Kami beri waktu empat jam sehari [untuk pegang ponsel]. Pagi dua jam. Pagi ini setelah latihan dan sarapan mereka bisa pegang HP selama satu jam. Nanti sore setelah Asar satu jam, setelah Magrib mereka diberi waktu dua jam untuk mainan HP,” ujar Bima.

Bima masih memperbolehkan para pemain memegang ponsel karena mereka butuh berkomunikasi dengan teman dan keluarga. “Jadi semua harus diatur, yang terpenting mereka harus perhatikan istirahatnya,” ucap Bima.

Bima menyebut anak asuhnya mulai membaik selama mengikuti pemusatan latihan di Lapangan UII.  Tidak hanya pemahaman teknik secara individu, pemahaman posisi dan grup juga banyak meningkat

“Tim sudah banyak progresnya,” ucap Bima.