Gol Ronaldo Selamatkan Juve dari Kekalahan

Striker Juventus Cristiano Ronaldo - Reuters/Alberto Lingria
14 Februari 2020 05:32 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil semifinal leg pertama Coppa Italia, AC Milan vs Juventus akhirnya berkesudahan 1-1. Satu-satunya gol Milan di pertandingan ini diciptakan Ante Rebic di babak kedua. Sedangkan gol Juventus disarangkan Cristiano Ronaldo.

Bermain di Stadion San Siro, Jumat (14/2/2020), peluang pertama hadir dari kubu Milan lewat sepakan dari Davide Calabria di menit 22, namun tendangan kejut dari luar kotak penalti tersebut bisa dimentahkan kiper Juve Gianluigi Buffon.

Tujuh menit kemudian Milan kembali mengancam. Memanfaatkan kesalahan passing pemain belakang Juve, Rebic menyepak bola dengan kaki kanannya. Sayangnya tendangan pemain asal Kroasia itu bisa dihalau Buffon.

Juventus yang menurunkan seluruh pemain terbaiknya termasuk Cristiano Ronaldo mencoba mengambil alih balik serangan.

Lewat umpan pendek cepat, Juve punya peluang emas pertama di menit 35. Sepakan mendatar pemain sayap Juan Cuadrado ditepis Gianluigi Donnarumma. Skor Milan vs Juve masih 0-0 hingga menit 40.

Hingga pertandingan di babak pertama selesai, Milan vs Juventus berakhir imbang 0-0.

Masuk di babak kedua, Milan langsung mendapat peluang tiga menit selepas laga dimulai, namun sepakan Hakan Calhanoglu mengenai kaki Buffon.

Usai menyelamatkan dua peluang emas Milan, gawang Buffon akhirnya koyak juga di pertandingan ini.

Memanfaatkan assist dari Samu Castillejo, sontekan Rebic dari dalam kotak penalti di menit 67 tidak dapat dihalau oleh Buffon. Skor Milan vs Juve berubah menjadi 1-0.

Tertinggal 0-1, pelatih Juventus langsung mengganti sejumlah pemainnya untuk memperkuat lini serang. Mattia De Scoglio diganti Gonzalo Higuain dan Aaron Ramsey ditukar dengan Rodrigo Bentacur.

Pelatih Milan, Stefano Pioli juga melakukan sejumlah perubahan. Pencetak gol, Rebic pada menit 72 diganti dengan Diego Laxalt.

Selepas gol Rebic, Milan mengendurkan serangannya dan berusaha melakukan strategi counter attack yang dipimpin Zlatan Ibrahimovic. Sementara Juve terus menggedor lini belakang Milan lewat tusukan dari sayap.

Juventus akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Wasit memberikan hadiah penalti untuk Juventus setelah Calabria melakukan handsball saat menghalau tendangan gunting Ronaldo.

Ronaldo yang maju sebagai eksekutor tanpa cela menceploskan bola ke gawang Donnarumma. Ini adalah gol ke 11 yang diciptakan Ronaldo secara beruntun bersama Juventus.

Hingga pertandingan selesai, skor Milan vs Juve tetap berkesudahan 1-1. Leg kedua akan dimainkan di kandang Juve pada 4 Maret.

Susunan pemain Milan vs Juventus:

Milan: G Donnarumma; Calabria, Kjaer, Romagnoli, Theo Hernandez; Kessie, Bennacer; Castillejo, Calhanoglu, Rebic; Ibrahimovic

Milan bench: Begovic, A Donnarumma, Bonaventura, Leao, Musacchio, Paqueta, Gabbia, Saelemaekers, Laxalt, Brescianini, Maldini

Juventus: Buffon; De Sciglio, De Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Ramsey, Pjanic, Matuidi; Cuadrado, Dybala, Ronaldo

Juventus bench: Szczesny, Pinsoglio, Danilo, Higuain, Rugani, Rabiot, Bentancur, Olivieri, Coccolo

Ref: Valeri

Sementara itu di semifinal lainnya, gol yang menakjubkan dari gelandang Spanyol Fabian Ruiz mengantarkan Napoli menang 1-0 atas Inter Milan pada leg pertama semifinal Coppa Italia setelah tim tamu mendominasi pertandingan yang berlangsung di kandang Inter di San Siro, Kamis (13/2/2020) dini hari WIB.

Ruiz melepaskan tendangan melengkung dengan kaki kirinya untuk melewati penjaga gawang Inter Daniele Padelli pada menit ke-57 setelah bermanuver satu-dua dengan bek kanan Giovanni Di Lorenzo.

Inter kehabisan energi setelah kemenangan spektakuler 4-2 Minggu pekan lalu melawan musuh bebuyutan satu kota AC Milan dalam derbi liga, sebaliknya Napoli mendominasi lapangan tengah pada babak pertama.

Dries Mertens melepaskan tendangan sentuhan pertama yang melenceng dari gawang pada menit ke-16, sementara tim tamu hampir menciptakan gol menjelang jeda ketika Padelli mementahkan upaya Piotr Zielinski.

Namun Padelli tak berdaya ketika Ruiz melepaskan tendangan mempesona yang membuat sang kiper hanya bisa menangkap angin.

Inter yang terlihat keletihan berusaha menekan pada saat-saat terakhir laga namun Napoli menjinakkan mereka dengan meyakinkan untuk mengamankan kemenangan yang menjadi bekal sangat penting untuk leg kedua di kandang mereka pada 5 Maret.

Tuan rumah gagal memaksimalkan peluang terbaiknya untuk menyamakan kedudukan pada menit tambahan ketika kiper Napoli David Ospina menghalau tendangan jarak dekat dari pemain pengganti 

Sumber : Bisnis Indonesia