Rumor, Casillas Masuk Bursa Calon Ketua Federasi Sepak Bola Spanyol

Penjaga gawang Porto Iker Casillas Porto - Reuters
13 Februari 2020 15:02 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Iker Casillas dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai presiden federasi sepak bola (FA) Spanyol dalam beberapa pekan ke depan.

Dikutip dari Bisnis.com, Kamis (13/2/2020), kabar itu disampaikan sejumlah sumber. Informasi ini sebenarnya sudah mencuat sejak awal 2020 sebab Casillas diharapkan bisa bersaing dengan petahana, Luis Rubiales, yang terpilih pada 2018.

Padahal, saat ini mantan kiper Real Madrid dan tim nasional Spanyol itu belum pensiun dan saat ini masih bermain untuk FC Porto. Kendati begitu, Casillas sudah absen sejak Mei 2019 setelah mengalami serangan jantung.

Dalam bebera hari belakangan, pesepak bola berusia 38 tahun itu mengadakan pertemuan dengan otoritas olah raga Spanyol, Consejo Superior de Deportes di Madrid untuk mengungkapkan niatnya itu. Pemilihan ketua FA itu bakal diheat pada musim gugur tahun ini.

Mantan kapten timnas Spanyol itu dalam beberapa bulan terakhir juga sudah fokus untuk menghitung potensi dukungan yang akan dia dapat dan renacana untuk segera pensiun sebagai pemain sepak bola ketika memenangi pemilihan itu.

Casillas diperkirakan bakal didukung presiden La Liga Javier Tebas yang sering mengkritik Rubiales sejak dia terpilih. Selain itu, presiden Asosiasi Pesepak Bola Spanyol, David Aganzo juga bakal berpihak pada Casillas.

Rubiales selama ini dianggap bukan tokoh pemersatu selama dua tahun memimpin federasi sepak bola Spanyol. Dia mendorong transparansi tetapi juga terlibat dalam sejumlah keputusan yang kontroversial.

Dia mengawasi kepergian Julen Lopetegui menjelang Piala Dunia 2018, memilih kembali Luis Enrique sebagai pelatih timnas tahun lalu yang membuatnya cekcok dengan mantan asistennya Robert Moreno, serta memindahkan penyelenggaraan Piala Super Spanyol ke Arab Saudi pada Januari lalu.

Casillas membutuhkan paling sedikit 15 persen anggota dewan yang total beranggotakan 140 orang, agar bisa mencalonkan diri menjadi presiden FA Spanyol.

Sumber : Bisnis Indonesia