Messi Bisa Tinggalkan Barcelona Bukan karena Konflik

Lionel Messi seusai mencetak gol kedua melawan Manchester United - REUTERS/Sergio Perez
10 Februari 2020 09:02 WIB Oktaviano DB Hana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Lionel Messi dinilai masih berpeluang untuk meninggalkan Barcelona. Namun,  kepergiannya dari Camp Nou tidak akan terjadi akibat konflik dengan Eric Abidal yang cukup hangat diberitakan sepekan terakhir.

Hal itu diungkapkan oleh mantan pesepakbola asal Brazil Ricardo Kaka. Menurutnya, Messi memiliki kemampuan untuk bermain di berbagai liga top Eropa, termasuk di Liga Inggris.

"Saya kira begitu. Itu tidak akan menjadi masalah baginya di Liga Premier atau klub top di tiga liga teratas di dunia," kata Kaka seperti dilansir skysports.com, Minggu (9/2/2020).

Namun, Kaka mengatakan bahwa itu akan sangat bergantung pada Messi dan rencananya terkait karir sepakbolanya. Tidak tertutup kemungkinan, jelas dia, peraih enam Ballon d'Or itu merasa sudah waktunya untuk meninggalkan Barcelona dan mencari pengalaman di liga lain.

Kaka mencontohkan apa yang terjadi pada Cristiano Ronaldo ketika meninggalkan Real Madrid. Dia mengaku sedih dengan keputusan mega bintang asal Portugal itu dan banyak penggemarnya yang merasakan hal yang sama.

"Tapi saya pikir semua orang mengerti pada saat itu. Baginya itu adalah tantangan lain dan dia perlu bergerak. Saya pikir akan lebih seperti itu [jika Messi meninggalkan Barcelona]."

Terkait konflik Messi dan Eric Abidal, Kaka mengaku tidak terlalu tahu. Menurutnya, kondisi itu bisa menyiratkan keinginan Messi untuk meninggalkan Barcelona, tetapi juga menunjukkan upaya Messi melindungi para pemain sebagai kapten.

Di sisi lain, dia mengatakan bahwa Abidal tengah menjalankan posisinya di Barcelona sebagai direktur olahraga.

Sumber : Bisnis Indonesia