Mandala Krida Dipakai untuk Piala Dunia, PSIM Kembali Jadi Musafir

Stadion Mandala Krida - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
27 Januari 2020 06:47 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PSIM Jogja kembali menggunakan Stadion Sultan Agung Bantul sebagai kandang pada Liga 2 2020 mendatang. Musababnya, Stadion Mandala Krida yang menjadi kandang PSIM Jogja akan direnovasi untuk menghelat Piala Dunia U-20 2021.

“Persoalan itu sedang kami bahas di tingkat manajemen. Mengenai pindah homebase, mungkin ke Stadion Sultan Agung,” kata CEO PT PSIM Jaya Bambang Susanto kepada Harian Jogja, Minggu (26/1/2020).

Bambang mengatakan manajemen tengah memikirkan sejumlah stadion alternatif di luar Stadion Sultan Agung. “Semua sedang kami pikirkan dan kami bahas,” lanjut Bambang.

Di sisi lain, Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY yang menjadi pengelola Mandala Krida masih menunggu gambaran terperinci mengenai hal-hal yang harus dibenahi. Mandala Krida telah dikunjungi perwakilan FIFA pada Desember lalu.

Namun, sampai sekarang BPO belum mendapatkan penjelasan lengkap mengenai fasilitas di stadion yang harus direhab.

“Kami menunggu surat resmi dan gambaran detailnya. Sejauh ini proses pengadaan tetap berjalan,” kata Kepala BPO Disdikpora DIY Eka Heru Prasetya.

Menurut Eka, Pemda DIY telah menganggarkan Rp60 miliar untuk melengkapi kelayakan Stadion Mandala Krida sebagai venue Piala Dunia U-20. Anggaran tersebut berasal dari APBD Pemda DIY 2020 dan telah disetujui oleh DPRD DIY.

“Sekarang tinggal lelang saja. Mudah-mudahan Maret sudah bisa dikebut. Kemarin dari FIFA dan PSSI sempat meminta agar lampu, score board, single seat dan sejumlah kelengkapan pertandingan dan ruang ganti segera dilengkapi,” ujar dia.

“Kami tinggal tinggal tunggu gambarannya, karena harus disesuaikan dengan standar FIFA.”

Stadion Mandala Krida di Kota Jogja resmi menjadi satu dari enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Kepastian itu diungkapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Manala Krida di Jogja, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto.