La Liga Spanyol, Barcelona Tumbang di Valencia

Striker Valencia Maxi Gomez merayakan kemenangan atas Barcelona. - Reuters/Albert Gea
26 Januari 2020 06:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Barcelona menyerah dengan skor 0 - 2 ketika bertandang ke Valencia dalam pertandingan pekan ke-21 Divisi Primer La Liga Spanyol yang berakhir pada Sabtu (25/1/2020) tengah malam WIB.

Barcelona, yang tampil tanpa ujung tombak asal Uruguay Luis Suarez yang cedera hingga akhir musim kompetisi, sebenarnya tampil dominan dalam gelaran di Stadion Mestalla tersebut, tapi gagal menghasilkan apa pun sehingga harus pulang dengan kekalahan.

Dominasi hampir 73 persen penguasaan bola sepanjang laga tak mampu dikonversi menjadi satu gol pun oleh Barcelona, yang kalah akibat gol bunuh diri Jordi Alba disusul tembakan melengkung penyerang asal Uruguay Maxi Gomez.

Hasil itu jadi kekalahan pertama klub Katalan tersebut di bawah asuhan pelatih baru Quique Setien dan akibatnya posisi mereka di puncak klasemen terancam digusur oleh Real Madrid yang baru bermain pada Senin (27/1/2020) dini hari WIB melawan Real Valladolid.

Barcelona dan Real Madrid sama-sama memiliki 43 poin dengan selisih gol 25. Barcelona hanya unggul agresivitas mencetak gol. Selisih gol Barca 50-25, sedangkan Madrid 38-13.

Adapun bagi Valencia, kemenangan itu mengangkat posisi tim besutan Albert Celades ke lima besar klasemen sementara dengan koleksi 34 poin.

Meski banyak menguasai bola, gawang Barcelona lebih kerap diancam oleh para pemain Valencia sepanjang babak pertama dan Las Blaugranas harus bersyukur punya kiper sekelas Marc-Andre ter Stegen berjaga di bawah mistar gawang mereka.

Ter Stegen bahkan mementahkan eksekusi penalti Maxi Gomez pada menit ke-12 setelah Gerard Pique menghadiahi tuan rumah tendangan 12 pas akibat pelanggarannya terhadap Jose Gaya di area terlarang.

Kiper asal Jerman itu juga melakukan empat penyelamatan gemilang lain untuk memastikan gawang Barcelona masih aman hingga rehat.

Namun, babak kedua berjalan 3 menit, Ter Stegen tak berdaya lantaran bola tembakan Gomez lebih dulu membentur Alba dan arahnya berbelok mengecoh sebelum bersarang ke dalam gawang.

Ketertinggalan membuat Barcelona lebih banyak berusaha menyelesaikan serangan mereka dengan baik dan Lionel Messi hampir menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas khasnya, tetapi kiper Jaume Domenech cermat membaca arah bola untuk menepisnya pada menit ke-74.

Berselang 3 menit kemudian, justru Valencia berhasil menggandakan keunggulan lewat gol Gomez. Berawal dari aksi Ferran Torres memperdaya Samuel Umtiti, bola dikirimkan menjadi umpan terobosan yang kemudian diselesaikan Gomez dengan tembakan melengkung tak terjangkau Ter Stegen.

Barcelona berusaha bangkit, tetapi tendangan bebas pemain bintang asal Argentina Lionel Messi melambung dan peluang lain yang dimilikinya pada injury time berhasil dijinakkan Domenech. Valencia pun mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2 - 0.

Dalam laga lain pada Sabtu malam WIB, klub Katalan lainnya, Espanyol, gagal memaksimalkan statusnya sebagai tuan rumah setelah dipaksa imbang tamunya Athletic Bilbao dengan skor 1 - 1 di Stadion RCDE di Barcelona.

Tamu dari Basque bahkan lebih dahulu unggul pada menit ke-12 lewat kontribusi Asier Villalibre dan tuan rumah baru bisa memberikan gol balasan pada menit ke-63 melalui Raul de Tomas, eks-striker Real Madrid yang baru diboyong Espanyol dari Benfica (Portugal) pada jendela transfer Januari ini.

Hasil ini membuat Espanyol terus mendekam di zona merah degradasi, tepatnya peringkat ke-19 dengan nilai 15, berjarak 3 angka dari batas aman.

Adapun bagi Bilbao, ini merupakan hasil imbang kelima secara berturut-turut di liga dan menempatkan mereka di posisi keenam klasemen sementara dengan koleksi nilai 31.

Hasil pertandingan pekan ke-21 La Liga hingga Sabtu tengah malam WIB: Osasuna 2 vs Levante 0; Espanyol 1 vs Athletic Bilbao 1; Valencia 2 vs Barcelona 0.

Sumber : bisnis indonesia