FA Cup, Watford Disingkirkan Klub Divisi 3

Pelatih Watford Nigel Pearson - Reuters/David Klein
24 Januari 2020 13:02 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Watford dijungkalkan Tranmere Rovers 1 - 2 dalam laga ulang putaran ketiga Piala FA di Stadion Prenton Park, Birkenhead, pada Jumat (24/1/2020) WIB.

Tranmere merupakan klub yang didirikan 138 tahun lalu dan saat ini bherkompetisi secara reguler di League One alias divisi 3. Bahkan musim lalu mereka berkompetisi di League Two (divisi 4) dan promosi hanya karena menang playoff lantaran mereka sebenarnya finis di peringkat keenam League Two.

Pertandingan ulang kali ini tersebut sedianya digelar pekan lalu, tetapi ditunda karena hujan deras membuat lapangan Prenton Park tergenang air, demikian catatan laman resmi FA.

Laga itu diulang lantaran dalam pertemuan pertama di Watford kedua tim imbang dengan skor 3-3. Gelaran FA Cup—kecuali semifinal dan final—tidak mengenal adu penalti apabila pada pertemuan pertama selama 90 menit berakhir imbang.

Jika seri, laga diulang di tempat lawan. Kalau selama 90 menit masih seri, dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit, dan kalau juga masih imbang baru dilakukan adu penalti untuk melaju ke babak selanjutnya.

Tranmere yang memberikan perlawanan ketat saat bertandang ke Vicarage Road dan mengimbangi Watford kembali memperlihatkan penampilan gemilang saat berlaga di hadapan pendukungnya sendiri.

Sejak awal laga, Tranmere menekan tamunya yang banyak menurunkan pemain lapis kedua dan berhasil membuka keunggulan pada menit ke-36 melalui tembakan Emmanuel Monthe memanfaatkan situasi sepak pojok.

Unggul satu gol tak membuat Tranmere berhenti melancarkan serangan tetapi tandukan Liam Ridehalgh tiga menit selepas sepak lanjut masih bisa dihentikan kiper Daniel Bachman.

Jose Holebas hampir menyamakan kedudukan untuk Watford tetapi tembakannya membentur tiang gawang, kemudian pada menit ke-68 Kaylen Hinds resmi mengubur keunggulan Tranmere.

Tranmere berusaha merestorasi keunggulan mereka tetapi tembakan Paul Mullin ditolak tiang gawang dan skor imbang bertahan hingga waktu normal berakhir.

Semenit jelang babak tambahan pertama berakhir Mullin sukses membawa Tranmere kembali unggul melalui tandukannya menyambut umpan silang Harvey Gilmour dan skor 2-1 bertahan hingga babak tambahan usai.

Tranmere melangkah ke babak keempat Piala FA, tetapi mereka hanya punya waktu 2 hari sebelum menjamu Manchester United.

Catatan untuk Watford, ini merupakan kekalahan kedua beruntun. Pada Rabu (22/1/2020) dini hari lalu mereka ditaklukkan Aston Villa di ajang Liga Primer Inggris juga dengan skor 1 - 2.

Pelatih Nigel Pearson sebenarnya sempat membawa tim ini keluar dari zona merah degradasi di Liga Primer ketika mulai bertugas pada 6 Desember 2019.

Pearson membawa Watford tak tersentuh kekalahan dalam enam pertandingan Liga Primer sebelum dihajar Villa. Akibat kekalahan itu, Watford balik ke zona degradasi dengan nilai 23, sama dengan West Ham di posisi ke-17 atas batas aman, tapi Watford kalah selisih gol.

Sumber : Bisnis Indonesia