Melawat ke Kandang Valencia, Barcelona Cari Pembuktian

Quique Setien - Reuters/Albert Gea
23 Januari 2020 22:57 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Quique Setien belum menunjukkan ramuan yang meyakinkan di dua laga awalnya bersama Barcelona. Blaugrana memang selalu memetik kemenangan di bawah Setien, tapi kemenangan itu diraih dengan susah payah. Terakhir Barcelona hanya menang tipis 2-1 atas tim kasta ketiga, Ibiza, di babak 32 besar Copa del Rey.

Anak asuh Setien bahkan sempat tertinggal lebih dulu sebelum memastikan kelolosan lewat gol Antoine Griezmann di menit ke-72 dan 94. Beberapa hari sebelumnya, Barca juga hanya menang dengan selisih satu gol melawan Granada di Liga Primera. Tiga poin pun baru dipastikan jelang akhir laga lewat sang bintang Lionel Messi. Permainan pas-pasan seperti ini tentu tak boleh menjadi kebiasaan Barca apabila ingin mempertahankan takhta di singgasana.

Apalagi akhir pekan ini mereka akan melawat ke markas tim kuat, Valencia, dalam lanjutan Liga Primera, Sabtu (25/1/2020) malam WIB. Kualitas Los Che, julukan Valencia, tentu di atas Ibiza maupun Granada. Setien harus segera menemukan strategi tepat untuk memaksimalkan potensi anak asuhnya saat berlaga di Mestalla yang terkenal angker bagi tim tamu. “Saya tidak menyukai performa tim tadi [saat melawan Ibiza]. Namun kami mengambil kesimpulan untuk ke depannya. Ketika Anda melakukan sejumlah hal dengan buruk, saat itulah Anda bisa meningkatkan sejumlah hal pula,” ujar Setien seperti dilansir Marca, Kamis.

Barcelona masih akan bertanding tanpa Luis Suarez dan Ousmane Dembele yang cedera. Meski demikian sejumlah pemain pilar seperti Messi, Gerard Pique dan Sergio Busquets dalam kondisi siap tempur lantaran disimpan saat bertandang ke markas Ibiza. Jangan lupa, La Pulga selama ini adalah momok yang menakutkan bagi Kelelawar Mestalla. Messi tercatat telah mencetak 28 gol dalam 33 penampilan melawan Valencia di semua kompetisi.

Tim tamu juga diuntungkan absennya kapten Valencia, Dani Parejo, yang mendapat kartu merah saat melawan Mallorca. Padahal Parejo adalah nyawa tim di lini tengah sekaligus pencetak gol yang cukup produktif dengan enam gol. Duet gelandang tengah, Francis Coquelin dan Geoffrey Kondogbia, bakal mendapat tugas berat untuk menghentikan aliran serangan Barca sekaligus mengkreasi peluang bagi tim mereka.

Di sisi lain, tim Catalan patut waspada karena Valencia sangat alot jika tampil di kandang sendiri. Valencia tercatat tak terkalahkan dalam 11 laga beruntun di Mestalla di kompetisi domestik. Mereka juga selalu mencetak gol dalam 10 laga kandang terakhir. Tanpa Rodrigo Moreno yang cedera, Maxi Gomez bakal diandalkan pelatih Albert Celades untuk menggedor pertahanan Barcelona. Sang striker baru saja mencetak gol tunggal untuk menaklukkan Logrones di Copa del Rey. “Sekarang kami harus menyiapkan diri melawan Barcelona, laga yang sangat penting bagi kami,” ujar bek Valencia, Eliaquim Mangala dilansir valenciacf.com.

Sumber : JIBI/Solopos